Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

85 Napi Rutan Jepara Dapat Remisi Umum

Kegiatan pemberian remisi terhadap napi di Rutan Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)
Kegiatan pemberian remisi terhadap napi di Rutan Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara –  Sebanyak 85 narapidana (Napi) di Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Jepara mendapatkan remisi pada HUT RI ke- 71 tahun 2016. Penyerahan surat remisi secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Jepara Subroto, kepada dua orang perwakilan napi.

Mereka adalah Miftakurrohman alias Ganden Bin M Sumber dan M Azka Dikeron Bin Sutrisno. Penyerahan SK Remisi dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia oleh Wabup Subroto dilakukan usai Upacara Bendera HUT RI ke- 71 Tahun 2016 di Halaman Setda Jepara, Rabu (17/08 2016).

Kepala Rutan kelas II B Jepara, Slamet Wiryono mengatakan, 85 orang penerima remisi umum I  mendapatkan masa potongan tahanan antara 1 hingga 5 bulan. Sementara 9 orang penerima remisi umum II yang dapat langsung bebas, rata-rata mendapatkan remisi 2 hingga 3 bulan potongan tahanan.

“Namun demikian ada yang belum dapat bebas karena masih menjalan tahanan subsider. Yaitu atas nama Sutrisno, alias Bengong Bin Sunardi dengan kasus mata uang. Remisi ini diberikan secara rutin menyambut HUT RI kepada narapidana dan anak pidana yang berkelakuan baik dan dan memenuhi syarat lainnya,” ujar Slamet.

Sementara itu, Wabup Subroto menyampaikan, remisi merupakan instrumen yang diharapkan dapat mengubah perilaku narapidana. Karena itulah remisi hanya diberikan kepada napi yang berkelakuan baik. Sebaliknya nara pidana yang melanggar peraturan dan tata tertib tentunya tidak akan mendapatkan remisi.

“Melalui remisi ini juga diharapkan dapat mermpercepat proses kembalinya napi dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat kembali. Dipihak lain juga diharapkan akan dapat memperbaiki hubungan antara Napi dengan Keluarga dan masyarakat,” katanya.

Selanjutnya dalam rangka menyambut HUT RI ke- 71 tahun 2016 dan HUT ke – 66 Provinsi Jawa Tengah,  pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan semangat gotong royong di semua elemen masyarakat.

“Demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Jepara juga diharapkan senantiasa  kita dapat berpikir, bersikap, bekerja keras dan bertindak positif. Karena sikap inilah yang kita butuhkan kedepan sebagai modal penting dalam mengisi kemerdekaan dan membnagun Jepara di Masa mendatang,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

 

 

 

Comments
Loading...