Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bendera 1.000 Meter Diarak Keliling Kampung di Pecangaan Jepara

arak
Warga Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, mengarak bendera. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Warga Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, memiliki cara tersendiri dalam memperingati Hari Kemerdekaan.

Layaknya upacara kemerdekaan, warga di desa tersebut juga mengibarkan bendera. Namun, bedanya dengan lokasi lainnya, warga setempat mengibarkan bendera raksasa sepanjang 1.000 meter.

Dalam kegiatan yang dilakukan IPNU IPPNU Ranting Kaliombo beserta dukungan pihak desa, membutuhkan persiapan yang lumayan lama untuk dapat merentangkan dan mengibarkan bendera itu.

Aqshol Amri, kepala Desa Kaliombo,  mengatakan kalau pihaknya mendukung penuh aksi para warganya. Terlebih, hal itu merupakan hal yang positif dan banyak bermanfaat.

“Sebagai perangkat desa tentunya sangat senang warga dapat aktif semacam ini. Sebab, ini dapat menyatukan masyarakat, baik dari anak anak hingga dewasa.

Menurutnya, pengibaran bendera tersebut dikibarkan di sepanjang jalan desa setempat. Sebelum dikibarkan, anggota IPNU  IPPNU  melakukan teaterikal terlebih dahulu, barulah bendera diarak keliling kampung.

“Dalam arak-arakan tersebut masyarakatlah, masyarakat sekitar turut serta dalam membawa bendera. Terlebih sumber dana bendera juga dari swadaya masyarakat,” ujarnya.

Semua warga turut andil dalam pengibaran itu. Wajah bahagia dan senang terpancar saat memegangi bendera untuk diarak keliling kampung, sebelum akhirnya dilibatkan mengelilingi desa.

Warga Desa sekaligus pengurus IPNU, Sholihin mengatakan kalau kegiatan itu diupayakan secara tahunan. Dan tahun sebelumnya sudah diawali dengan pengibaran bendera sepanjang 500 meter

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...