Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Detik-detik Proklamasi, Investor Pabrik Semen Musyawarah Bersama Warga Kendeng

Ribuan petani JMPPK menggelar upacara bendera di Karangawen. Pada saat yang sama, investor pabrik semen menggelar dialog kemerdekaan dengan warga Mojomulyo. (MuriaNewsCom/Lismanto)
Ribuan petani JMPPK menggelar upacara bendera di Karangawen. Pada saat yang sama, investor pabrik semen menggelar dialog kemerdekaan dengan warga Mojomulyo. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Di tengah upacara Peringatan Kemerdekaan RI yang dilakukan Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) di Sungai Kedung Jurug, Karangawen, Tambakromo, investor pabrik semen juga memperingati detik-detik proklamasi bersama dengan warga Desa Mojomulyo, Kecamatan Tambakromo, Rabu (17/8/2016).

Mereka menggelar musyarawah dan sarapan pagi, berbincang tentang kisah perjuangan di Pati dalam kemerdekaan Indonesia. Mereka juga berbicara soal perjuangan memperbaiki kualitas hidup yang nyata, yakni ketersediaan air.

Kedatangan Manajer CSR and Security Division PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Sahat Panggabean dan karyawannya disambut baik oleh Kepala Desa Mojomulyo Mat Kosim, aparat desa, tokoh masyarakat, dan warga setempat. Dalam pertemuan tersebut, Kosim berharap agar pengembangan masyarakat berkelanjutan yang sukses juga harus dilakukan di beberapa titik lainnya di Kecamatan Tambakromo.

“Kami memang berharap agar pengembangan masyarakat berkelanjutan yang sukses dilaksanakan di beberapa titik di Kecamatan Tambakromo bisa terus ditambah lagi ke warga yang belum beruntung agar dimudahkan pasokan air bersih,” tutur Kosim.

Seperti diketahui warga Tambakromo selama ini, dukungan pasokan air bersih sangat membantu warga beberapa desa di Tambakromo. Seperti di Desa Maitan, misalnya. Desa yang cukup rentan pada masalah ekonomi akibat kendala alam tanah tandus yang sulit diolah, kekeringan, dan sulit air ini sangat menderita ketika hujan lama tidak turun. Desa ini diakui sangat terbantu oleh program CSR PT Indocement.

Instalasi air bersih dibangun PT Indocement pada 2013. Sebelumnya, masyarakat Dukuh Pager Gunung, Desa Maitan, harus mengambil air sejauh hampir 3 kilometer. Saat ini, sistem air bersih dari PT Indocement sudah  memberikan manfaat bagi 300 warga di Dukuh Pager Gunung, Maitan. Air pun tetap mengalir saat kemarau panjang sekalipun.

“Air bersih selalu menjadi hal penting bagi semua warga. Berbagai program CSR kami di pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya, serta keagamaan akan jauh lebih efektif saat infrastruktur air di masyarakat telah ditangani dengan baik,” ucap Sahat.

Tak heran, kata Sahat, program sarana air bersih yang dijalankan Indocement di berbagai daerah di Jawa dan luar Jawa sudah diakui publik. Pada 2015, PT Indocement mendapatkan penghargaan Platinum Sustainable Development Goals yang diadakan Corporate Forum for Community Development dan Kementerian Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan RI.

“Pelajaran penting yang bisa diambil, keberhasilan memperbaiki air bukan hanya membutuhkan bantuan perusahaan sesaat. Lebih dari itu, ada komitmen bersama untuk mengelolanya dengan berkelanjutan, baik itu masyarakat, tokoh mayarakat, kepala daerah, maupun CSR,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...