Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ibu-ibu di Winong Pati Adu Cepat Habiskan Kerupuk

 Sejumlah ibu-ibu Desa Winong RT 1 RW 3, Kecamatan Winong mengikuti lomba makan kerupuk. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah ibu-ibu Desa Winong RT 1 RW 3, Kecamatan Winong mengikuti lomba makan kerupuk. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Lomba makan kerupuk masih digemari warga Pati sebagai ajang untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan dari tahun ke tahun. Di Desa Winong, Kecamatan Winong, lomba makan kerupuk diikuti anak-anak hingga orang tua.

Mereka adu cepat memakan kerupuk bundar yang digantung menggunakan tali rafia. Siapa yang cepat, dia yang berhak memenangkan kompetisi. Para pemenang kemudian diadu lagi dalam babak final.

Sorak dari penonton untuk mendukung peserta pun menyeruak. Teriak dan jerit histeris tak jarang mewarnai penonton, saat melihat para peserta berlomba-lomba menghabiskan kerupuk. Suara kemeriahan terdengar begitu membahana.

Ketua RT 1 RW 3 Desa/Kecamatan Winong, Rochmad mengatakan, lomba kerupuk dipastikan selalu ada dalam peringatan Hari Kemerdekaan di desanya. Lomba makan kerupuk diakui menyimpan filosofi yang mendalam bagi peserta.

“Dalam berjuang, para pahlawan hampir setiap hari makan seadanya. Dari cerita orang tua, para pejuang tak jarang makan nasi dan kerupuk, sembari bergerilya melawan penjajahan. Itu sebabnya, lomba makan kerupuk selalu diadakan untuk mengingat perjuangan para pahlawan bangsa,” tutur Rochmad.

Karena itu, dia selalu melakukan edukasi kepada para peserta lomba. Sebelum bertanding, peserta diberi penjelasan panitia bahwa kerupuk menjadi makanan para pejuang karena dalam keadaan prihatin. Dengan begitu, para peserta bisa memaknai arti lomba untuk kemudian bisa ikut berjuang memajukan bangsa.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...