Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

52 Napi di Rembang Dapat Remisi, 6 di Antaranya Langsung Bebas

Bupati Rembang Abdul Hafidz didampingi Kepala Rutan Kelas II B Rembang Suyatno memberikan SK remisi kepada perwakilan napi. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Bupati Rembang Abdul Hafidz didampingi Kepala Rutan Kelas II B Rembang Suyatno memberikan SK remisi kepada perwakilan napi. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Sebanyak 52 narapidana yang menghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Rembang mendapatkan remisi pada Peringatan Hari Kemerdekaan ke -71 Republik Indonesia. Dari 52 narapidana tersebut, 6 di antaranya bisa langsung bebas.

”Para napi ini mendapat remisi atau pengurangan masa hukuman dari pemerintah antara 2-6 bulan per orang. Hal ini disesuaikan dengan lamanya mereka menjalani hukuman dari rutan. Remisi ini, terbagi remisi umum I dan II. Untuk yang mendapat remisi umum II, ini bisa langsung bebas,” ujar Kepala Rutan Kelas II B Rembang Suyatno.

Selain itu, remisi ini juga diberikan berdasarkan kelakuan mereka selama menjalani masa hukuman di rutan dan tidak melakukan tindakan jelek, seperti suka berkelahi dan mengedarkan narkoba. “Sepanjang mereka berkelakuan baik di rutan akan diberikan remisi setiap hari-hari besar, seperti Idul Fitri, Natal dan 17 Agustus. Jadi, pemberian remisi melalui pertimbangan selektif,” imbuhnya.

Remisi yang diberikan kepada narapidana tersebut tertuang dalam Surat Keputusan  (SK) Menteri Hukum dan HAM Nomor W13.1039. PK.01.01.02 Tahun 2016.”Dalam putusan itu, tidak memberikan remisi kepada napi yang terkait dengan pasal 34 A ayat 1 PP No 99 Tahun 2012 tentang Terorisme, Kejahatan HAM, Mengancam Keamanan Negara dan lainnya,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...