Jumat, 29 Maret 2024

Kini, 51 Rumah Warga Ngotoko Rembang Sudah Terpasang MCB Listrik

Edy Sutriyono
Rabu, 17 Agustus 2016 09:07:16
Salah satu rumah warga Dukuh Ngotoko, Desa Pasedan, Kecamatan Bulu, Rembang yang atapnya masih terdapat panel tenaga surya (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Murianews, Rembang – Dari 68 rumah yang terdapat di Dukuh Ngotoko, Desa Pasedan, Kecamatan Bulu, Rembang, 51 di antaranya kini sudah terdapat miniature circuit breaker (MCB) listrik dari PLN.Dengan begitu, hanya ada beberapa rumah yang belum memiliki MCB.

Namun demikian, warga yang belum terpasang MCB, semuanya sudah mendapatkan aliran listrik yang berasal dari menyalur di rumah tetangga. “Memang saat ini masih ada yang nyalur ke rumah tetangga,” ujar Ahmad Sholikin, perangkat Desa Pasedan.

Ia katakan, sejak setahun lalu, Dukuh Ngotoko sudah teraliri listrik dari PLN. Sedangkan, selama enam tahun sebelumnya, warga memanfaatkan listrik tenaga surya untuk mencukupi kebutuhan penerangan atau kebutuhan rumah tangga lainnya.

"Pemanfaatan alat listrik tenaga surya sudah 6 tahunan. Dan sebelum adanya alat tenaga surya, warga juga masih menggunaka lampu petromak yang digantung di rumah. Dulu, alat tenaga surya ini dikasih pemerintah secara cuma-cuma. Selang 6 tahun, listrik PLN masuk ke Ngotoko,” katanya.

Editor : Kholistiono

Baca Juga

Komentar