Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hakim Alif : Pemasang Poster Haryanto-Saiful Arifin Pintar Manfaatkan Momentum untuk Pencitraan

 

Salah satu poster Haryanto-Saiful Arifin yang terpasang di salah satu pohon di pinggir jalan di wilayah Kudus (MuriaNewsCom)
Salah satu poster Haryanto-Saiful Arifin yang terpasang di salah satu pohon di pinggir jalan di wilayah Kudus (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Pati – Banyaknya poster gambar Haryanto-Saiful Arifin yang digadang-gadang bakal berpasangan untuk maju dalam Pilkada Pati 2017, kini semakin banyak tersebar. Bukan hanya di Pati saja, namun poster tersebut juga terpasang di daerah lain, di antaranya Rembang, Kudus dan Demak.

Menurut Pengamat Politik dari Universitas Diponegoro, Hakim Alif Nugroho, pemasang poster tersebut cukup pintar memanfaatkan momentum, yakni sebelum masa kampanye. Sehingga hal itu tak ada pelanggaran dan juga cukup efektif untuk pencitraan.“Pemasang baliho itu memang cerdas bisa memanfaatkan momentum ini untuk melakukan pencitraan, sebelum masuk masa kampanye. Berarti dia pintar bermain,” kata Hakim.

Hakim Alif Nugroho juga menyebut pemasangan baliho Haryanto-Saiful Arifin di Kudus, Rembang  dan Demak tidak wajar. Pasalnya, pemasangan baliho di luar kabupaten dianggap tidak tepat sasaran.

“Selalu ada yang menarik dari setiap Pilkada di Kabupaten Pati. Pemasangan baliho di luar kabupaten itu jelas tidak wajar dan tidak tepat sasaran. Mestinya dipasang di pelosok desa yang masih masuk Pati itu lebih baik. Kalau di luar daerah, kan tidak nyambung,” ungkapnya.

Dilihat dari aspek etika politik, relawan atau pemasang baliho diakui cerdas karena saat ini belum masuk pada masa kampanye. Dengan belum masuk masa kampanye, kata Hakim, maka tidak ada sanksi yang diterima.”Ini kan belum masuk masa kampanye. Jadi, tidak kena pelanggaran,” imbuhnya.

Keberadaan baliho itu sendiri sempat mengejutkan publik. Kudus, Rembang dan Demak yang bukan merupakan wilayah Pilkada Pati 2017 justru menjadi sasaran pencitraan pasangan calon bupati dan wakil bupati Pati Haryanto-Saiful Arifin.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...