Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Napi di Pati Dapat Remisi Hari Kemerdekaan

 Sejumlah warga binaan Lapas Pati mendapatkan pengarahan dari petugas Lapas. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah warga binaan Lapas Pati mendapatkan pengarahan dari petugas Lapas. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Ratusan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pati sedikit bisa bernapas lega, karena mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan berupa pemotongan masa tahanan. Hal itu dikatakan Kasubsi Registrasi dan Binpemas Lapas Pati, Krismiyanto, Selasa (16/8/2016).

“Ada 159 warga binaan Lapas Pati yang mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan. Mestinya, ada 181 warga binaan yang diusulkan. Namun, hanya 159 orang saja yang diberikan remisi. Hal itu sudah sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kemenkum dan HAM,” kata Krismiyanto.

Sebagian besar penghuni Lapas yang mendapatkan remisi berasal dari kasus tindak pidana umum, penyalahgunaan narkoba, dan illegal logging. Narapidana dengan kasus tindak pidana korupsi disebut tidak ada dalam Lapas Pati, sehingga tidak ikut diusulkan.

Beberapa narapidana yang belum mendapatkan remisi, antara lain karena tersandung kasus penyalahgunaan narkoba dengan masa tahanan lebih dari lima tahun. Kendati begitu, usulan kepada mereka sudah dilayangkan, tapi menunggu keputusan dari Dirjen.

“Pemotongan masa tahanan Hari Kemerdekaan beragam, mulai dari paling sedikit 15 hari hingga paling banyak 60 hari. Remisi itu sesuai dengan perilaku narapidana selama di tahanan. Kalau perilakunya baik, tentu remisinya juga lebih banyak,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...