Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Terpencil di Rembang Manfaatkan Listrik Tenaga Surya

Alat listrik tenaga surya yang masih terpasang di atap salah satu rumah warga Dukuh Ngotoko, Desa Pasedan, Kecamatan Bulu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Alat listrik tenaga surya yang masih terpasang di atap salah satu rumah warga Dukuh Ngotoko, Desa Pasedan, Kecamatan Bulu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Warga yang berada di wilayah terpencil di Rembang, yakni di Dukuh Ngotoko, Desa Pasedan, Kecamatan Bulu, Rembang, memanfaatkan listrik tenaga surya untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan penerangan dalam rumah tangganya.

Meski sebenarnya, di dukuh ini sejak setahun lalu sudah teraliri listrik oleh PLN. Namun demikian, masyarakat yang sebelumnya menggunakan listrik tenaga surya, hingga kini terkadang masih memanfaatkannya untuk kebutuhan rumah tangga.

Kasnawi, warga Dukuh Ngotoko mengatakan, jika di dukuhnya tersebut, setiap rumah, terpasang panel tenaga surya. “Dulu sebelum PLN masuk ke sini kan, warga menggunakan tenaga surya. Jadi ketika PLN sudah masuk, alat-alat ini masih kami rawat, dan untuk jaga-jaga kalau listrik mati. Kan bisa digunakan,” ujarnya.

Menurutnya, ketika terjadi gangguan listrik, terkadang nyalanya cukup lama. Belum lagi, medan untuk menuju ke tempat Dukuh Ngotoko cukup berat dan jauh dari desa ataupun kota. “Meskipun kalau kita memanfaatkan listrik tenaga surya ini hanya mampu hingga tiga jam, namun, hal itu cukup membantu masyarakat ketika PLN mati,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya berharap, nanti ke depannya, di wilayahnya tersebut bukan hanya fasilitas listrik saja yang turun dari pemerintah, namun, fasilitas lain, terutama jalan dapat menjadi prioritas bagi pemerintah. Sebab, melihat kondisi medan yang ada saat ini, cukup menyulitkan warga melalui jalan tersebut. “Kita juga ingin merasakan apa itu arti dari kemerdekaan. Sebab kita juga sudah merdeka selama 71 tahun besok,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...