Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Masih Ada 53 Desa di Pati Belum Mencairkan Dana Desa Tahap Pertama

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) Kabupaten Pati Muhtar. (MuriaNewsCom/Lismanto)
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) Kabupaten Pati Muhtar. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak 53 desa di Kabupaten Pati belum mencairkan dana desa tahap pertama, sedangkan 348 desa sudah mencairkan. Padahal, pencairan tahap kedua sudah dimulai pada September 2016.

Akibatnya, penyaluran dana desa tahap pertama tersendat. Hal itu diamini Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) Kabupaten Pati, Muhtar, Selasa (16/8/2016).

“Dari 401 desa, masih ada 53 desa yang belum mencairkan sampai pertengahan Agustus ini. Karena itu, penyaluran dana desa ditargetkan selesai pada akhir Agustus ini. Sebab, pencairan dana desa kedua sudah dilakukan pada September mendatang,” kata Muhtar.

Sejumlah daerah yang masih belum mencairkan dana, di antaranya dari Kecamatan Juwana, Wedarijaksa, dan Margoyoso. Di Juwana, pencairan dana desa baru 12 desa dari total 29 desa. Di Wedarijaksa, sembilan desa sudah mencairkan dari 18 desa, sedangkan Margoyoso baru tujuh desa yang mencairkan dari total 15 desa.

“Bila diprosentase, penyaluran dana desa tahap pertama mencapai 87 persen. Harapannya, pencairan rampung secepatnya sebelum memasuki September sehingga pencairan tahap kedua bisa berjalan lancar,” ucap Muhtar.

Adapun desa di berbagai kecamatan lainnya, selain ketiga kecamatan tersebut, sudah mencairkan dana seratus persen. Bahkan, untuk memudahkan penyaluran dana desa, pihaknya sudah menyederhanakan proses sesuai dengan regulasi dana desa yang berlaku.

“Dari awal, proses pencairan dana sudah dipermudah biar desa tidak kesulitan dalam mencairkan dana desa. Namun, kemudahan itu memang harus sesuai dengan aturan dan regulasi dana desa yang berlaku,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...