Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Manfaat Buah Kawis untuk Kesehatan

 

 Imam Tohari sedang menunjukkan produk sari buah kawis yang dibuatnya. Menurutnya,buah kawis juga bermanfaat untuk obat (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Imam Tohari sedang menunjukkan produk sari buah kawis yang dibuatnya. Menurutnya,buah kawis juga bermanfaat untuk obat (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Siapa sangka buah kawista mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Buah ini memang terasa asing dan masih sedikit orang yang tahu. Bahkan ketika anda mendengar namanyapun pastinya masih asing dengan nama buah tersebut. Nama buah kawista,kawisto,kawis,ganista,kimco dan masih banyak sekali nama atau sebutannya.

Kawista memiliki kulit buah yang keras dan memiliki biji berwarna putih. Daging buahnya bisa dimakan dalam bentuk mentah namun lebih sering dijadikan selai. Daging buah kawista juga sering dijadikan sebagai bahan minuman kesehatan maupun sebagai sirup.

Imam Tohari,pembuat sirup kawis asal warga Dukuh Dorangan Tengah, Desa Pantiharjo, Kaliori,Rembang, mengatakan, buah kawis memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Di antaranya untuk obat diabetes, liver, trombosit dan mengobati diare dan disentri.

“Selain itu, buah kawis juga bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, obat herbal untuk batuk, penambah energi, menurunkan demam, menyembuhkan sakit perut, mengurangi rasa mual dan lain sebagainya,” ujarnya.

Ia katakan, untuk obat penyakit diabetes, dirinya  biasanya membuat hanya sesuai dengan jumlah pemesan saja. Karena saat ini, pihaknya lebih fokus untuk membuat minuman segar atau sari buah.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...