Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Hewan Ternak Dimintakan Berkah ke Punden Leluhur Desa Lebak Jepara

sapi punden
Warga mengajak sapi di acara permintaan berkah di Punden leluhur Desa Lebak, Kecamatan Pakisaji, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Ratusan hewan ternak milik warga dimintakan berkah di Punden leluhur Desa Lebak, Kecamatan Pakisaji, Jepara. Hewan-hewan itu sengaja dibawa oleh warga dengan cara berjalan kaki dari kediaman menuju ke Punden Mbah Madinah, yang berada di RT 3 RW 6, Desa Lebak.

Hewan yang mayoritas adalah jenis sapi, kerbau dan kambing tersebut diikutkan dalam acara manganan yang juga diisi dengan aksi joget bersama sinden. Acara itu merupakan rangkaian awal dari perayaan tradisi sedekah bumi.

“Ini bagian dari nazar saya. Dulu sapi yang saya pelihara sakit sekitar enam bulan, tetapi sebulan lalu berangsur membaik. Saat sakit pernah nazar kalau sapinya sembuh akan saya ajak nonton joget di punden ini,” kata Niam, warga Desa Lebak, kepada MuriaNewsCom, Senin (15/8/2016).

Pemilik sapi lainnya, Munir, mengatakan, tradisi nazar untuk dibawa ke Punden sudah menjadi tradisi turun temurun dari dulu. Tak hanya nazar, tetapi seolah menjadi kebiasaan warga setiap tahun ketika memiliki hewan sembuh dari penyakitnya, dibawa ke Punden.

“Sudah menjadi tradisi turun temurun kalau hewan sembuh dari sakit, ketika ada acara manganan seperti ini dibawa,” ungkapnya.

Benar saja, setelah acara awal berupa penampilan gamelan dan sinden serta jogetan. Hewan-hewan ternak yang sebelumnya telah datang disambangi oleh sesepuh desa. Dengan doa tertentu dan harapan dari pemilik hewan, sesepuh desa kemudian mengusap dan melempar bunga ke bagian tubuh hewan tersebut.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...