Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan Masjid Dihalangi di Mijen Kudus Akibat Halangi Irigasi

segel demo
Warga melakukan penyegelan di lokasi pembangunan masjid di Mijen, Kaliwungu, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Sejumlah warga Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, melakukan aksi penyegelan pembuatan masjid di desa setempat. Aksi tersebut, dilakukan lantaran masjid yang akan dibangun menutup akses irigasi.

Masjid itu rencananya akan dibangun di jalur lingkar Selatan tepi jalan lingkar yang baru dibangun. Saat ini, proses pembangunan sudah mulai dengan proses uruk.

Muhammad Nahrowi, warga mengungkapkan, sebenarnya warga tidak masalah jika bangunan masjid didirikan. Namun, yang menjadi persoalan adalah pembangunannya yang malah menguruk sungai.

“Kalau tidak menganggu akses irigasi silakan, namun kenyataanya malah diuruk sungainya,” katanya kepada MuriaNewsCom

Menurutnya, pihak pengelola sudah mengganti sungai dengan memindahkan alirannya. Hanya, hal itu dianggap menambah masalah karena aliran akan terganggu dan sungai yang dangkal.

Sungai Jogo Tuwo mengarah ke timur, membawa air dari berbagai desa, seperti Getassrabi dan Kaliwungu. Sungai dari arah utara ke selatan juga bertemu dengan sungai dari Kaliwungu yang mengalir ke timur.

Warga khawatir, jika hujan tiba akan membuat banjir. Sebab sedikitnya 15 hektare sawah dan 100 KK di RW 6 akan terendam air. Akibat limpasan air dari sungai yang terlalu sempit.

Dia menjelaskan, pembangunan masjid berupa pengurukan tanah baru dilakukan sekitar dua pekan. Itupun tanpa komunikasi dengan warga.

“Kami memang di datangi petugas pembangunan masjid, dimintai KTP, tapi tidak tahu kalau dimanfaatkan untuk hal ini,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...