Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hantu Gadhu di Kepuk Jepara Dihidupkan Kembali

hantu 1
Festival Memeden Gadhu di Jepara diadakan rutin setiap tahun. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Hantu gadhu atau yang dikenal sebagai memeden gadhu dihidupkan kembali oleh masyarakatDesa Kepuk, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Mereka yang mayoritas adalah petani, mencoba menguri-uri budaya.

Baik sebagai pemilik lahan, maupun penggarap sawah.Itu sebagai bentuksyukur mereka atas hasil bumi yang sudah didapat selama setahun. Tentunya dengan harapan di musim yang akan datang dapat kembali panen melimpah

Masyarakat setempat menilai Memeden Gadhu adalah pengusir hama, burung pipit, paling jitu. Namun, belakangan burung pipit yang sering dianggap sebagai musuh petani jelang masa penen, diburu dengan cara dijaring. Tak pelak, perilaku itu akan mengancam keberlangsungan hidup burung pipit.

“Memeden gadhuitu juga biasa dikenal sebagaiorang-orangan sawah. Kalau ada memeden gadhu,burung-burung tidak perlu diburu, tapi cukup diusir saja. Sehingga keseimbangan ekosistem terjaga,” ujar salah seorang panitia dalam Festival Memeden Gadhu,Waluyo, Senin (15/8/2016).

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...