Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Konfigurasi Angka 55 dari Lilin Mewarnai Peringatan Hari Pramuka

grobogan-hari pramuka (e)
Konfigurasi angka 55 sebagai tanda peringatan Hari Pramuka, dilakukan anggota Pramuka Grobogan, dalam acara renungan dan ulang janji, yang dilaksanakan pada Sabtu (13/8/2016) malam. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Rangkaian kegiatan memperingati Hari Pramuka ke-55 diwarnai dengan pembuatan konfigurasi membentuk angka 55 dari nyala api lilin.

Pembuatan konfigurasi ini dilangsungkan pada upacara renungan dan ulang janji, dilanjutkan dengan sarasehan yang dilangsungkan di SMKN 1 Purwodadi, Sabtu (13/8/2016) malam.

Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto bertindak sebagai pembina upacara renungan. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Kwarcab Grobogan Icek Baskoro, Dandim 0717 Purwodadi Letkol Jan Piter Gurning, Kadinas Pendidikan Karsono, dan Kepala SMKN 1 Purwodadi Sukamto.

Dalam kesempatan itu, Agus Siwanto yang juga bertindak sebagai wakamabicab Pramuka mengajak generasi tunas bangsa agar menjadikan HUT Pramuka tahun ini, sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas dalam melaksanakan Tristya Pramuka dan Dasa Darma Pramuka.

”Saya juga mengajak siswa SMKN 1 Purwodadi untuk mempelajari tentang fungsi dan tujuan Pramuka. Karena itu adalah sesuatu yang sangat mulia,” terangnya dalam kesempatan itu.

Sebab, Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda dengan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia.

Gerakan Pramuka juga punya tujuan agar anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur, serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.

”Fungsi Pramuka adalah kegiatan menarik, menyenangkan dan mengandung unsur pendidikan. Dari sana selayaknya kita berusaha untuk meningkatkan setiap fungsi dan tujuan Pramuka, yang dapat kita aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Sementara itu, pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Pramuka ke-55 yang dilangsungkan di Lapangan Kelurahan Kalongan, Purwodadi, Minggu (14/8/2016), berlangsung meriah. Ribuan pramuka hadir dalam upacara yang berlangsung dalam suasana mendung tersebut.

Dalam upacara ini, Bupati Grobogan Sri Sumarni bertindak selaku Pembina upacara. Pada puncak Upacara ini juga ditandai dengan pemberian tanda penghargaan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada 29 orang.

Yakni terdiri dari 23 penghargaan panca warsa, 4 penghargaan melati, dan 2 penghargaan darma bakti. Penghargaan ini diberikan kepada anggota Pramuka dewasa yang telah memberikan perhatian dan kesungguhannya dalam memajukan gerakan Pramuka.

Editor: Merie

Comments
Loading...