Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PKL Ini Bisa Naik Haji Sampai Dua Kali

haji
Petugas haji menyiapkan suntik vaksin kepada salah satu calon jemaah haji Kudus, Sadi Dupardi Danu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Seorang pedagang kaki lima (PKL) di Kudus, yang kesehariannya berdagang jajan, bisa naik haji sampai dua kali.

Berkat kerja kerasnya, tahun ini juga mendapatkan kesempatan untuk berangkat haji.

Keberangkatan kali ini merupakan kali kedua bersama istri. Setelah sebelumnya pada 2009, dia bersama istrinya menunaikan rukun Islam kelima.

Dia adalah Sadi Dupardi Danu (61), seorang pedagang sekaligus Ketua Paguyuban Pedagang di Jalan Mangga, Kudus.

Usai keberangkatan hajinya yang pertama, dia merasa tidak puas. Dia bertekad akan berangkat ke tanah suci kembali.

“Waktu itu, baru pulang haji, langsung daftar lagi. Dan Alhamdulillah tidak menunggu lama, tahun ini berangkat lagi untuk haji kedua,” katanya kepada MuriaNewsCom, Sabtu (13/8/2016).

Dia mengaku sangat senang mendapatkan kesempatan yang tidak semua orang bisa melakukannya.

Sebenarnya, kata dia, ingin lagi berangkat haji pada tahun tahun depan. Namun karena aturan yang susah dan masa tunggu mencapai puluhan tahun, keinginan tersebut dipendamnya.

“Menunggu sampai 20 tahun, dan setelah pulang tidak boleh langsung daftar. Makanya susah karena usia yang sudah tua ini,” ujarnya.

Dia membeberkan seluruh biaya haji dari hasil dagangannya selama ini. Sebab, dia selalu tak lupa menyisihkan hasil dagangannya.

Bahkan, dia dan istri tetap akan melanjutkan aktivitas berdagangnya sepulang ibadah haji.

“Saya jualan mulai jam 05.00 WIB hingga habis, sekitar pukul 16.00 WIB. Dalam berjualan biasanya ditemani oleh istri saya, namun terkadang juga bergantian,” ungkapnya.

Dalam sehari, omzet yang didapat mencapai Rp 600 ribu. Hal itu tergantung dari ramai sepinya pembeli dan cuaca.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...