Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Begini Cara Warga Dukuh Ngotoko Rembang untuk Mendapatkan Sinyal HP

Ngami (55) warga Dukuh Ngotoko, Desa Pasedan, Kecamatan Bulu, Rembang. Untuk mendapatkan sinyal handphone, di rumahnya dipasangi sebuah alat (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Ngami (55) warga Dukuh Ngotoko, Desa Pasedan, Kecamatan Bulu, Rembang. Untuk mendapatkan sinyal handphone, di rumahnya dipasangi sebuah alat (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Di tengah era telekomunikasi seperti sekarang, sinyal telepon seluler sudah menjadi kebutuhan yang penting. Begitu juga saat berada di pelosok Kabupaten Rembang. Meski berada di daerah pedalaman, komunikasi ke luar harus tetap terjadi.

Tetapi untuk mendapatkan sinyal ponsel di Dukuh Ngotoko, Desa Pasedan, Kecamatan Bulu, Rembang, itu sungguh membutuhkan perjuangan. Butuh alat untuk memperkuat sinyal jika ingin mendapatkan sinyal. Jika tidak, harus mencari spot-spot tertentu agar handphone bisa digunakan.

Ngami (55) perangkat Desa Pasedan mengatakan, kondisi geografis Dukuh Ngotoko yang berada di balik bukit dan jarak dari kota sekitar 40 Km, cukup sulit untuk bisa mendapatkan sinyal telepon seluler. “Harus ada alatnya tersendiri. Di rumah kebetulan ada alatnya, yang dibeli oleh anak saya. Jadi sinyalnya lumayan. Tapi kalau mengoperasikannya bagaimana saya tidak paham, saya tahunya ngangkat telepon saja,” ujarnya.

Bahkan, katanya, warga sekitar juga kerap ke rumahnya ketika mau menelepon keluarga, kerabat atau teman. “Biasanya mereka datang ke sini kalau mau telepon. Kan sinyalnya lumayan, jadi bisa untuk nelepon dan tidak putus-putus suaranya,” imbuhnya.

Alat penguat sinyal tersebut, katanya berupa antenna yang diletakkan di dalam rumah abgian atas. “Kalau di luar kan kena hujan, jadi ditaruh di dalam rumah saja. Yang penting bisa memperkuat sinyal,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...