Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Budidaya Ikan Guppy, Pemuda Langenharjo Juwana Raup Untung Jutaan Rupiah

920
 Askan memberikan ikan Guppy yang ia budidayakan di dekat rumahnya. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Askan memberikan ikan Guppy yang ia budidayakan di dekat rumahnya. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Siapa sangka hobi bisa menjadi pundi-pundi untuk menghasilkan rupiah. Hal itu yang dialami Askan (29), pemuda asal Desa Langenharjo, Kecamatan Juwana, Pati.

Berbekal hobi ikan hias, Askan kemudian mencoba mengembangkan budidaya ikan hias, terutama ikan Guppy. Ikan dengan nama latin Poecilia reticulata ini memikat hati Askan untuk kemudian menjadi penghasilan sampingan yang menggiurkan.

Usaha pengembangan budidaya ikan Guppy yang dilakukan Askan pun tergolong masih sangat sederhana. Bermodalkan kolam terpal dan bak dari kulkas bekas, ia sudah bisa membudidayakan ikan Guppy ribuan ekor setiap bulannya.

Satu ekor ikan Guppy biasa dijual dengan harga mulai Rp 500 sampai Rp 1.000. Tak tanggung-tanggung, pelanggannya bukan hanya dari kalangan pencinta ikan hias, tetapi juga penjual ikan hias di sejumlah daerah di Karesidenan Pati.

Tak ayal, Askan sanggup mengantongi uang jutaan rupiah dalam sebulan. Budidaya ikan ini diakui tidak merepotkan. Dalam sehari, dia hanya butuh sedikit waktu untuk memberi makan sebanyak dua kali.

“Saya memang suka dengan ikan hias. Hitung-hitung sebagai hiburan, budidaya ikan Guppy ternyata bisa mendatangkan uang sehingga merambah menjadi penghasilan tambahan. Ke depan, kami mencoba untuk terus mengembangkannya,” kata Askan.

Editor : Kholistiono

 

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.