Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Harga Jeruk Pamelo Melonjak, Ini Penyebabnya

674
 Seorang warga Desa Bageng tengah memanen jeruk pamelo dengan jumlah yang sangat terbatas. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Seorang warga Desa Bageng tengah memanen jeruk pamelo dengan jumlah yang sangat terbatas. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Jeruk pamelo yang sebagian besar berasal dari Desa Bageng, Kecamatan Gembong saat ini menjadi komoditas kebanggaan Kabupaten Pati. Pamelo asal Bageng dikenal dengan buahnya yang berkualitas.

Namun, saat ini petani pamelo tidak bisa melakukan panen raya karena pengaruh cuaca. Akibatnya, kelangkaan jeruk pamelo terjadi. Padahal, permintaan terus meningkat.

Hal itu yang menyebabkan harga jeruk pamelo melonjak dari harga normal Rp 16 ribu per kilogram menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Satu buah pamelo biasanya berbobot 2-3 kg. Praktis, satu pamelo harganya naik berkisar di angka Rp 4 ribu sampai Rp 6 ribu.

“Jeruk pamelo sebetulnya tidak mengenal musiman dan selalu ada. Tapi, memang ada yang namanya panen raya dalam setahun terjadi dua kali. Saat ini terjadi keterlambatan panen raya, mungkin karena faktor cuaca yang tidak menentu. Itu yang membuat stok pamelo sangat sedikit saat ini,” ujar Aris Kurniawan, petani pamelo asal Bageng, Jumat (12/8/2016).

Kendati kewalahan meladeni permintaan, petani pamelo asal Desa Bageng tidak mau mengambil stok pamelo dari luar desa Bageng. Hal itu dikhawatirkan rasa pamelo yang dijual tidak sesuai dengan pamelo asal Bageng yang selama ini sudah dikenal kualitasnya.

“Kalau kita mau, kita bisa saja memenuhi permintaan jeruk pamelo dari luar Desa Bageng. Tapi, kita khawatir akan berpengaruh pada kualitas dan rasa sehingga mengecewakan pelanggan. Meski langka, kita tetap melayani pembeli dengan stok minim yang diambil apa adanya dari pohon,” tutur Aris.

Editor : Kholistiono

 

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.