Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Duh, Pelaksaan Proyek Pembangunan di Grobogan Ternyata Berjalan Lambat

 Bupati Grobogan Sri Sumarni saat membuka rakor pelaksanaan pembangunan sepanjang triwulan II. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Bupati Grobogan Sri Sumarni saat membuka rakor pelaksanaan pembangunan sepanjang triwulan II (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Pelaksanaan proyek pembangunan di berbagai SKPD sepanjang triwulan II atau semester I tahun 2016 ternyata berjalan lambat.  Terbukti, hingga akhir semester I, progres pelaksanaan proyek fisik baru mencapai 41,80 persen.

“Target progres proyek fisik yang kita tentukan pada triwulan II tahun 2016 sebesar 54 persen. Tetapi, realisasi dilapangan progresnya baru 41,80 persen,” ungkap Kabag Pengendalian Pembangunan Pemkab Grobogan Siswanto.

Dijelaskan Siswanto, pada tahun 2016 ini, ada 556 program pembangunan yang tersebar di 68 SKPD dan terperinci menjadi 4.000 kegiatan. Adapun total dana pembangunan tahun ini sebesar Rp 951 miliar lebih. Dari alokasi ini, baru terserap sekitar Rp 209 miliar.

Menurutnya, sejauh ini, sudah ada 235 paket pekerjaan yang dilelangkan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Dari jumlah ini, sebanyak 208 paket lelang sudah diselesaikan dan 27 baru dalam proses pelelangan.

“Proses lelang proyek sejauh ini tidak ada kendala. Dari lelang melalui LPSE ini kita bisa menghemat anggaran 8,8 persen atau senilai hampir Rp 12 miliar,” jelas mantan Sekretaris Dinas Bina Marga Grobogan itu.

Dia berharap agar semua SKPD bisa mengoptimalkan sisa waktu yang ada untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Para pimpinan SKPD juga diharapkan bisa memanfaatkan kegiatan rakor untuk menyampaikan kendala yang dihadapi.

“Dalam pelaksanaan dilapangan pasti ada kendala yang dialami. Untuk itu kegiatan rakor ini bisa digunakan untuk menyamakan persepsi dan mencarikan solusi,” katanya.

 Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...