Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tenang, Samsul Atau Maya Masih Bisa Diusung Parpol

jepara-pilkada jepara-maning (e)
Pasangan bakal calon perseorangan Pilkada Jepara 2017 Syamsul-Mayadina urung melanjutkan verifikasi pencalonan oleh KPU Jepara, karena kekurangan dokumen administrasi yang harus dilengkapi. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Bakal pasangan calon (paslon) perseorangan Syamsul-Mayadina yang mencabut pendaftarannya sebagai calon untuk Pilkada 2017 mendatang, masih bisa diusung partai politik (parpol).

Hal ini karena keputusan pencabutan dokumen itu, dilakukan sebelum proses verifikasi administrasi dilakukan KPU Jepara. ”Sehingga mereka masih diperbolehkan mencalonkan diri melalui jalur partai politik,” kata salah satu Komisioner KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri.

Menurut Subchan, meski sudah menyerahkan dokumen dukungan ke kantor KPU, bakal paslon Syamsul-Mayadina masih bisa diusung partai sebagai bakal calon bupati maupun wakil bupati, dalam Pilkada Jepara yang digelar serentak 2017 nanti.

Itu karena, sebagaimana dikatakan Subchan, proses pencalonan Syamsul-Mayadina melalui jalur perseorangan, belum melawati tahapan verifikasi administrasi.

”Kalau belum melewati tahapan verifikasi administrasi, masih bisa dicalonkan partai politik. Kecuali kalau tahapan admistrasi sudah dilalui, baru tidak boleh dicalonkan lagi oleh partai,” ujar Subchan, kepada MuriaNewsCom, Kamis (11/8/2016).

Seperti diketahui, Syamsul sempat mengikuti penjaringan bakal calon bupati di Partai Gerindra, sebelum memutuskan untuk maju melalui jalur independen. Namun kegagalan di jalur independen ini, membuka peluang kembali untuk bisa dicalkonkan parpol.

Di sisi lain, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Jepara Purwanto menyampaikan, pascakeputusan Syamsul menarik dokumen dukungan dari KPU, pihaknya belum mengambil sikap.

Sebelumnya, nama Syamsul digadang-gadang partai berlambang kepala garuda sebagai calon bupati yang diusung. ”Tapi setelah menyatakan maju lewat jalur independen, namanya (Syamsul, red) masuk dalam radar pencoretan,” kata Purwanto.

Menurutnya, semula keputusan siapa yang akan diusung Partai Gerindra dalam Pilkada Jepara 2017, sudah diserahkan sepenuhnya kepada DPC. Tapi, seiring gejolak politik yang terjadi di Jepara, Purwanto mengembalikan keputusan itu kepada DPP.

”Termasuk kondisi terkini (keputusan Syamsul mundur, red), belum kami laporkan ke DPP. Kami masih konsentrasi berkomunikasi dengan partai-partai lain, agar Gerindra menjadi partai pengusung,” imbuhnya.

Editor: Merie

Comments
Loading...