Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Pramuka Bakal Kenalkan Sego Pecel dan Wedang Blung pada Ajang Jamnas

Bupati Grobogan Sri Sumarni didampingi Ketua Kwarcab Icek Baskoro menyematkan jaket pada perwakilan kontingen Jamnas (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Bupati Grobogan Sri Sumarni didampingi Ketua Kwarcab Icek Baskoro menyematkan jaket pada perwakilan kontingen Jamnas (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Salah satu kuliner asal Grobogan berupa Sego Pecel dan Wedang Blung bakal tersaji dalam ajang Jambore Nasional (Jamnas) ke-X yang dilangsungkan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur mulai 14-21 Agustus. Hal itu disampaikan Ketua Kwarcab 11 15 Grobogan Icek Baskoro usai melangsungkan acara pelepasan kontingen Jamnas, Kamis (11/8/2016).

Acara pelepasan kontingen dilakukan Bupati Grobogan Sri Sumarni di Aula Sanggar Pramuka. Pelepasan kontingen juga dihadiri para pengurus Kwarcab Grobogan dan pimpinan kontingen Jamnas.

Menurut Icek, dalam Jamnas nanti ada berbagai kegiatan yang harus diikuti para peserta.  Antara lain, kegiatan seni budaya, ketangkasan kepramukaan, teknologi, dan kuliner nusantara yang berasal dari daerah masing-masing.

“Dalam Jamnas nanti, kontingen kita akan menyiapkan sego pecel yang jadi salah satu makanan favorit masyarakat. Untuk minuman, kita siapkan Wedang Blung yang saat ini sudah jarang dijumpai. Minuman ini terbuat dari ramuan jahe,serai, gula Jawa, dan kelapa,” kata Icek didampingi Humas Kwarcab Grobogan Hariyanto.

Kontingen Jamnas dari Grobogan berkekuatan 32 pramuka penggalang (16 putra dan 16 putri) yang berasal dari berbagai SMP/MTs.  Mereka yang jadi kontingen Jamnas ini terpilih dari hasil seleksi ketat yang dilangsungkan bulan Januari lalu.

Icek menyatakan, kegiatan Jamnas ini merupakan agenda rutin Gerakan Pramuka Indonesia setiap lima tahun sekali. Peserta Jamnas kali ini diperkirakan diikuti 25 ribu pramuka penggalang dari seluruh Indonesia.

Beberapa anggota kontingen Jamnas dari Grobogan mengaku bangga dengan keberhasilan mereka untuk mengikuti kegiatan pramuka tingkat nasional tersebut. Sebab, untuk bisa masuk bagian dalam kontingen Jamnas harus melalui berbagai tahapan seleksi yang berat dan ketat.

“Saya senang dan bangga sekali bisa jadi duta Kwarcab Grobogan dalam Jamnas kali ini. Soalnya, kegiatan Jamnas hanya dilangsungkan lima tahun sekali dan tidak semua orang bisa dapat kesempatan ikut acara ini,” ungkap Gheitsa Alya Dinnya, salah satu kontingen Jamnas yang berasal dari SMPN 1 Kedungjati.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...