Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

1.518 Siswa SD di Jepara Gerak Jalan Sepanjang 5 Km

gerak
Siswa melakukan gerak jalan di Jepara, Rabu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Sebanyak 1.518 siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) diminta berjalan kaki sepanjang lima kilometer. Siswa diminta berjalan jauh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara melalui instansi terkait dengan alasan sebagai bentuk kecintaannya terhadap Indonesia.

Mereka terdiri dari 858 siswi SD/sederajat dan 660 siswa SD/sederajat. 1.518 siswa siswa tersebut berkumpul di seputaran alun-alun dan halaman Sekretariat Daerah (setda) Kabupaten Jepara untuk memulai menempuh jarak 5Km, Rabu (10/8/2016).

Itu dilakukan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-71, Pemerintah Kabupaten Jepara melalui panitia peringatan HUT RI ke-71 Kemerdekaan RI Tahun 2016 menggelar lomba gerak jalan pelajar yang diikuti ribuan pelajar se-Kabupaten Jepara mulai dari tingkat SD/sederajat jarak tempuh 5Km yang dilaksanakan Rabu (10/8/2016), SMP/sederajat jarak tempuh 8Km dan SMA/sederajat dengan jarak tempuh 12Km yang akan dilaksanakan Kamis (11/8/2016).

Gerak jalan tingkat SD sederajat ini menggambil start di halaman Setda Jepara kemudian melakukan gerak jalan mengikuti rute ke jalan Kartini kearah selatan belok kanan di Tugu Garuda jalan Diponegoro belok kanan Kelenteng Hok Tek Tong menuju selatan jalan Veteran lurus kearah jalan A.R Hakim belok kiri Simpang Ruwet jalan H.O.S Cokroaminoto menuju Tugu Kartini lurus pada jalan Pemuda belok kiri atau arah utara di jalan M.H Thamrin sampai tiba di Jalan Brigjen Katamso dan finish kembali di halaman Setda.

Panitia HUT RI Ke-71 Tahun 2016, melalui Koordinator Lomba Gerak Jalan Haryanto, mengatakan, lomba gerak jalan ini dibagi menjadi dua tahap. Yakni tahap pertama diikuti oleh tingkat Sekolah Dasar baik negeri dan swasata, lalu tahap kedua akan dimulai Kamis (11/8/2016) yang diikuti peserta tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat.

“Ada 69 regu dengan masing masing regu terdiri dari 22 siswa dengan total 1.518 siswa peserta yang terlibat dalam lomba gerak jalan tingkat SD/sedrajat,” kata Haryanto.

Ribuan peserta ini akan dinilai oleh tim juri sebanyak 20 orang dari Disdikpora dengan beberapa kriteria khusus. Yang menjadi penilaian utama adalah waktu tempuh regu, kerapian, keutuhan dan keseragaman sampai ke garis finish. “Jadi bukan kerapian saja, waktu juga dinilai dan kekompakan. Peserta tidak boleh diganti, kalau diganti mereka dikurangi nilainya,” pungkasya.

Wakil Bupati Jepara, Subroto, dalam sambutannya mengatakan, selain memeriahkan HUT RI, lomba ini dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme di kalangan pelajar. Ia juga berharap, kegiatan ini selain untuk mewujudkan generasi muda yang sehat baik jasmani maupun rohani, juga sebagai salah satu wadah untuk mengenang kembali jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

“Kami harap sosok pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan, bisa menjadi inspirasi bagi gemerasi muda kita dalam mengisi pembangunan di Jepara,” imbuhnya.

Pemenang gerak jalan tingkat SD sederajat, Putri Juara 1 SD Negeri 2 Kancilan, Juara II SD Negeri Al-Islam Jepara dan Juara III SD Negeri 4 Panggang Jepara. Sedangkan untuk juara gerak jalan tingkat SD sedrajat putra, juara I  SD Negeri 2 Bucu Kembang, Juara II SD Negeri 2 Bandungrejo Kalinyamatan dan untuk juara III diraih SD Negeri 2 Bategede Nalumsari.

Selanjutnya Pemenang Juara lomba akan mendapatkan tropy, piagam dan uang yang akan diberikan kepada masing-masing regu yang menjadi juara bersamaan dengan pemenang lomba lainnya, pada acara resepsi HUT Kemerdekaan RI (18/8/2016) di Pendapa Kabupaten Jepara.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...