Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sistem Pendidikan Pesantren di Rembang Diklaim Sudah Maju

f-santri

MuriaNewsCom, Rembang – Sistem pendidikan pondok pesantren yang ada di Rembang diklaim sudah cukup maju. Hal itu disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren pada Kementrian Agama Rembang, Musthofa.

Menurutnya, hal itu terlihat dari beberapa pondok pesantren di Rembang yang sudah memiliki sistem pendidikan setara sekolah formal, dan santri yang mengikuti pendidikan di tempat tersebut mendapatkan ijazah setara tingkat pendidikan formal yang diikuti, seperti halnya tingkat SMA.

“Kalau kita lihat, ponpes di Rembang memang mengalami kemajuan yang baik. Sebab di sini ada beberapa pondok pesantren yang memang sistem pendidikannya setara dengan sekolah formal. Seperti halnya pondok Al Anwar Sarang. Di sana ada program Mu’addalah. Di mana ijazah yang didapatkan setara dengan tingkatan SMA. Dan itupun yang mengeluarkan Kemenag langsung,” bebernya.

Dia melanjutkan, dalam pendidikan program Mu’addlah tersebut pihak pondok juga bekerjasama dengan pihak terkait. Misalkan saja mendatangkan tutor ilmu pendidikan umum dan sejenisnya. Selain itu, tahun 2016 ini, Al Anwar Sarang juga dibidik kementrian Agama untuk menggelar program Ma’had Aly atau pendidikan pondok pesantren setara dengan perguruan tinggi pada tahun 2016 ini.

Sementara itu, untuk pondok pesantren lainnya yang menggelar pendidikan setara SMP dan SMA yakni berada di Pondok Pesantren Al Hidayah Sarang dan Tahdidzul Quran Sedan. “Untuk kedua pondok tersebut memang ada kegiatan pembelajaran kesetaraan baik dari paket B dan C. Namun untuk pembelajaran di situ, khusus bagi santri setempat dan tidak diperuntukan untuk warga umum. Sementara itu, dalam pendidikannya, pihak pondok juga tidak memaksa para santri untuk ikut serta pendidikan kesetaraan tersebut,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...