Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Siapa Sangka, Sebelum Didirikan Masjid, Lokasi Ini Dulunya Terdapat Pabrik Mercon Terbesar

 Warga Rembang ketika menuju Masjid Maslahatul Ummah Rembang untuk mengikuti sholat dzuhur. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Warga Rembang ketika menuju Masjid Maslahatul Ummah Rembang untuk mengikuti sholat dzuhur. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Jika melintas di Jalan Rembang-Blora, tepatnya di Jalan Pemuda Km 03 Rembang, Anda akan menemukan Masjid Maslahatul Ummah yang letaknya berada di komplek Kantor Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) dan Gedung Haji Rembang.

Masjid yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 1997 ini, ternyata menyimpan cerita, yang mungkin belum banyak diketahui. Ternyata, sebelum dibangun masjid, dulunya di lokasi tersebut merupakan bangunan pabrik mercon terbesar milik warga Cina ketika zaman penjajahan Belanda.

Hal itu disampaikan Ketua Takmir Masjid Maslahatul Ummah Rembang Ali Achmadi. Ketika itu, katanya, banyak juga warga Rembang yang menjadi karyawan di pabrik tersebut. Namun, seiring perjalanan Indonesia merdeka, pabrik tersebut tutup dan tinggal bangunan tua dan beberapa peralatan yang pernah digunakan untuk membuat mercon.

Kemudian, sekitar tahun 1995, ketika Bupati Rembang dijabat Wahidi Riyono, ada warga Cina yang meminta izin kepada Pemda Rembang melalui bupati, untuk membangun jalan kuburan Cina di wilayah Lasem. Oleh bupati ketika itu diberikan izin, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

“Ketika itu, bupati meminta agar ada hibah tanah yang nantinya diperuntukkan untuk tempat kegiatan sosial bagi warga Rembang. Kemudian, pemerintah diberikan tanah seluas sekitar 3 hektare, yang kemudian oleh pemda dibangun gedung haji, sekolah, Kantor Bazda dan termasuk Masjid Maslahatul Ummah,” katanya.

Kemudian, masjid ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto sekitar tahun 1997 silam.”Seingat saya, Presiden Soeharto ketika menjabat sebagai kepala Negara itu meresmikan sebanyak 999 masjid di seluruh Nusantara. Salah satunya Masjid Maslahatul Umah ini. Masjid ini merupakan masjid yang nomor 997 dari 999 masjid se- Indonesia yang pernah diresmikan Presiden Soeharto,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...