Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Arsip Jepara Masuk Nominasi 6 Besar Nasional, Keren

arsip
Kepala Kantor Arsip Daerah (Arsipda) Kabupaten Jepara Nurkowan menunjukkan penyimpanan arsip. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kearsipan Kabupaten Jepara masuk nominasi enam besar Lomba Kearsipan Daerah (LKD) tingkat nasional. Sebelumnya Arisp Jepara menjadi juara di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Kantor Arsip Daerah (Arsipda) Kabupaten Jepara Nurkowan, mengatakan prestasi ini melengkapi sejumlah prestasi bidang kearsipan yang diraih dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini.

Di antaranya tahun 2013 Juara tingkat provinsi, 2015 peringkat II tingkat provinsi dan di tahun 2016 ini juara tingkat provinsi dan maju sebagai wakil Jawa Tengah ke tingkat Nasional. Selain itu, juga pernah meraih prestasi dalam lomba tertib administrasi desa terbukti sudah 4 kali mendapatkan juara di tingkat provinsi.

“Setelah masuk enam besar provinsi dan jadi juara I, kini masuk enam besar nasional mewakili Jawa Tengah, bersama dengan kabupaten kota lainnya, di antaranya Kabupaten Bogor, Kabupaten Probolinggo, Kota Yogyakarta, Kota Pangkal Pinang dan Kota Payakumbuh,” ujar Nurkowan, Selasa (9/8/2016)

Menurutnya, LKD merupakan salah satu perlombaan dari beberapa lomba yang dilaksanakan secara rutin tiap tahun. Untuk lomba tersebut meliputi antara lain pengelolaan, penataan dan penyimpanan arsip ataupun surat aktif atau nonaktif, kebijakan dan inovasi atau terobosan yang telah dilakukan Kantor Arsipda Jepara.

Pada tahun 2016 ini, kembali menjadi terbaik pertama lomba tertib arsip desa tingkat provinsi Jawa Tengah yaitu Desa Tubanan, Kecamatan Kembang. Penganugerahannya juga akan diterimakan bersamaan dengan LKD pada 15 Agustus 2016 di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, tepatnya bertepatan pada Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah ke-66 tahun 2016.

“Ini merupakan penghargaan yang diberikan Arsip Nasional Repubik Indonesia (ANRI) setiap tahun. Penghargaan yang diberikan ANRI tersebut untuk memotivasi dan mendorong lembaga arsip agar melaksanakan tata kelola yang maksimal. Anugerah bidang kearsipan diberikan kepada unit kearsipan seperti LKD, Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (LKPT), kementerian/non-kementerian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), arsiparis, dan pengelola arsip yang berprestasi,” terangnya.

Ia menambahkan, suksesnya Kantor Arsipda Jepara di bidang Arsip sebagai nominator pemilihan LKD terbaik nasional di tahun 2016 ini masuk nominasi enam besar memiliki peluang besar untuk menjadi juara. Untuk itu, pihaknya berharap agar nantinya juara  dapat diraih oleh Kabupaten Jepara.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...