Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Disporabudpar Grobogan Siapkan Program PPLD untuk Dongkrak Prestasi Atlet

 Atlit gulat Grobogan berhasil meraih prestasi mengesankan dalam ajang Popda SMA tingkat Jateng awal Agustus (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Atlit gulat Grobogan berhasil meraih prestasi mengesankan dalam ajang Popda SMA tingkat Jateng awal Agustus (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebuah upaya baru bakal dilakukan Dinas Pemuda, Olahraga, Buadaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Grobogan untuk mendongkrak prestasi olahraga dalam jangka panjang. Yakni, membuat program Pusat Pendidikan dan Latihan Daerah (PPLD). Hal ini ditegaskan Kabid Olahraga Karsono.

Menurutnya, bakal diadakannya PPLD itu berdasarkan hasil pelaksanaan even olahraga yang diikuti selama ini. Prestasi yang diraih dalam beberapa tahun terakhir dirasa belum bisa berkembang pesat.

Untuk sementara, ada enam cabor perorangan yang jadwalkan dalam PPDL. Yakni, senam, karate, atletik, pencak silat, gulat, dan tinju. “Untuk PPLD tahap awal ini kita utamakan untuk enam cabor ini dulu. Keenam cabor ini punya banyak kelas pertandingan dan jumlah medali yang disediakan cukup banyak dalam tiap even. Kedepan, jumlah cabor yang masuk program ini akan kita tambah,” kata Karsono didampingi Kasi Pembinaan Olahraga Eko Priyono.

Karsono menyatakan, sejauh ini, prestasi olahraga masih cukup bagus. Indikasi terakhir, adalah pelaksanaan Popda SMA tingkat Jateng 1-4 Agustus lalu. Dalam even ini, kontingen Grobogan berhasil meraih peringkat keenam dengan 8 emas, 5 perak dan 3 perunggu.

Sebagian medali yang didapat ini berasal dari cabor perorangan. Yakni, untuk medali emas didapat dari cabor senam (5), karate (2), dan atletik (1). Kemudian, medali perak disumbangkan cabor atletik (2), senam, karate, dan tenis lapangan masing-masing satu medali. Sementara tiga medali perunggu didapat dari cabor senam, bola voli, dan bulutangkis.

Ditambahkan, dalam Popda tersebut, cabor gulat juga berhasil meraih 3 emas, 5 perak, dan 2 perunggu. Namun, perolehan medali ini tidak masuk catatan. Pasalnya, pertandingan cabor gulat dalam Popda itu baru dalam tahap eksebisi. “Tahun depan, cabor gulat kemungkinan bakal dipertandingkan resmi di ajang Popda SMA. Dari sini kita bisa tahu kalau punya potensi yang cukup bagus,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...