Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mantap, Kwarcab Grobogan Punya 8 Pelatih Pembina Pramuka Baru

Delapan peserta KPD dari Kwarcab Grobogan foto barang Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Slamet Budi Prayitno (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Delapan peserta KPD dari Kwarcab Grobogan foto barang Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Slamet Budi Prayitno (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Jumlah pelatih pembina pramuka di Kwarcab 11 15 Grobogan bertambah lagi mulai awal Agustus lalu. Hal ini menyusul keberhasilan delapan pembina pramuka dalam mengikuti Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) yang digelar oleh Kwarda Jawa Tengah pada tanggal 25-30 Juli lalu.

Delapan pembina pramuka yang berhasil mengantongi sertifikat pelatih tersebut adalah Agus Winarno Pamong Saka Wanabakti Pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi, Joko Supartono dari SDN 2 Jumo Kedungjati, dan Ririn Erawati dari SMPN 1 Tegowanu. Kemudian, Pembina SMA N 1 Kradenan Candra Kusuma, Ujang Mujiyono dari SDN 3 Wirosari, Musyafak dari Mts Yafalah Gubug, Sugiyanto Pamungkas dari SMPN 1 Toroh dan Hery Listiyanto dari SDN 1 Sugihmanik, Tanggungharjo.

“Prestasi yang diraih delapan pembina saat mengikuti KPD ini sangat luar biasa. Soalnya, mereka berhasil lulus semuanya. Padahal, untuk bisa lulus dalam KPD ini cukup berat,” kata Ketua Kwarcab Grobogan Icek Baskoro didampingi Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Kapusdiklat) Suprodjo.

Selain berhasil lulus semua, dari delapan orang utusan Grobogan tersebut, ada tiga orang yang berhasil masuk peringkat 10 peserta terbaik dalam KPD. Yakni, Agus Winarno peserta terbaik urutan keenam, Ujang Mujiyono urutan ketujuh dan Candra Kusuma peringkat kesembilan.

“Bisa masuk 10 besar terbaik dalam KPD sangat istimewa dan saya bangga dengan prestasi ini. Dalam KPD yang digelar di Puskepram Gerakan Pramuka Jawa Tengah itu diikuti oleh 57 orang peserta. Terdiri 55 peserta dari 34 kwarcab se-Jawa Tengah dan dua orang dari Kwarda Jawa Timur,” tegas Icek.

Ditambahkan, penyelenggaran KPD  itu dilakukan kepastian bagi adik-adik peserta didik Gerakan Pramuka untuk mendapatkan pelatihan yang baik. Di mana, agar bisa mendapatkan pelatihan yang baik tentunya harus didahului dengan memiliki sosok pembina yang berkualitas yang mampu menjadi inspirator, dan motivator.

Sementara itu, salah satu peserta KPD Agus Winarno menyatakan, untuk lulus dalam kegiatan tersebut memang dibutuhkan perjuangan berat. Sebab, selama satu pekan, para peserta mendapakan  gemblengan berbagai materi sebagai syarat yang dibutuhkan untuk menjadi pelatih.

Adapun materi yang diberikan antara lain, pemahaman pokok mengenai Undang- Undang Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Kemudian, peserta juga dapat materi mengenai peran dan tugas pelatih, pengembangan diri pelatih, ragam metode dan teknik pelatihan, manajemen pelatihan, teknik memilih, membuat dan menggunakan media pelatihan, kegiatan alam terbuka, praktik melatih dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) serta penguatan Naratama.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...