Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dugaan Penyelewengan Dana di Desa Tahunan Jepara, Inspektorat Utamakan Pengembalian Uang Negara

seleweng
Kepala Inspektorat Kabupaten Jepara Anwar Hariono. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Dugaan penyelewengan dana yang dilakukan oleh Bendahara Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan, Jepara, mendapat respons dari Inspektorat.

Mereka telah melakukan penyelidikan. Inspektorat mengutamakan pengembalian uang yang tidak bisa dipertanggung jawabkan oleh pihak yang bersangkutan senilai Rp 153 juta.

“Hasil penyelidikan kami, ditemukan bahwa bendahara diduga melakukan penyelewengan. Modusnya membagi-bagikan uang desa sekitar Rp 153 juta ke beberapa RT di Desa Tahunan,” ujar Kepala Inspektorat Kabupaten Jepara Anwar Hariono kepada MuriaNewsCom, Senin (8/8/2016).

Ketika ditelusuri, lanjut Anwar, tidak semua RT menerima uang tersebut. Tetapi uang yang semula akan diberikan ke RT untuk proyek pembangunan, ternyata dilaksanakan sendiri oleh bendahara desa tersebut.

“Misal buat gorong-gorong, ternyata dilaksanakan sendiri oleh bendahara, tetapi atas nama pihak RT tertentu. Itu yang kami temukan, sehingga kami memberikan waktu 60 hari kepada bendahara Desa Tahunan untuk melaksanakan beberapa rekomendasi kami, termasuk mengembalikan uang itu,” terangnya.

Lebih lanjut Anwar mengemukakan, batas 60 hari selesai di akhir bulan Juli kemarin. Langkah berikutnya, pihaknya menunggu hasil dari bagian pemerintahan. Uang yang tidak bisa dipertanggung jawabkan harus dikembalikan ke kas desa, untuk selanjutnya pihak desa mengembalikan uang itu ke Pemkab Jepara, jika uang itu bersumber dari APBD.

“Pelanggaran yang dilakukan Bendahara Desa Tahunan bernama Abdurrahman itu adalah pelanggaran prosedur. Kami tugasnya memberikan pembinaan dan pengawasan.. Kami arahkan pihak-pihak yang melanggar aturan untuk bisa memperbaikinya,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini petugasnya tengah berkoordinasi dengan pihak Desa Tahunan. Itu dilakukan untuk mengetahui perkembangan kasus tersebut. Selanjutnya hasil koordinasi dan pantauan itu akan dilaporkan ke Bupati Jepara.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...