Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Awas, Kolang-Kaling Berformalin Beredar di Kudus

kolang kaling
Petugas akan memeriksa makanan kolang-kaling di Pasar Bitingan Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Pemkab Kudus mewasadai keberadaan kolang-kaling berformalin. Setelah sebelumnya mereka melakukan tes pada makanan tersebut. Makanan itu diambil dari salah satu penjual.

Petugas menyatakan bahwa kolang-kaling itu mengandung bahan formalin. Untuk mewaspadai, petugas melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pengecer kolang-kaling.

“Kami masih mewaspadai, makanya kami membeli sampel kolang-kaling ini. Soalnya, meskipun kelihatan bagus, namun siapa tahu agar awet, pengawet jenis formalin masih digunakan,” kata Kabid Promosi dan Perlindungan Konsumen Kudus, Arif Budianto.

Menurutnya, kolang-kaling yang dibeli dari pedagang di Pasar Bitingan, akan diuji lab. Berbeda dengan sebelumnya yang terlihat kusam, pada kolang-kaling kali ini lebih terlihat segar dan tidak berbau.

Akrianto Wibowo, pedagang kolang-kaling mengaku tidak tahu kandungan dari barang yang dijajakannya. Yang pasti, dia sepakat untuk dilakukan uji lab, agar tahu kandungannya.

“Silakan kalau dites, kalau memang mengandung bahan bahaya, maka saya tidak membeli dari distributor saya lagi,” ungkapnya

Menurutnya, barang yang dijual di dapat dari Medan Sumatera Utara. Dia beli sekitar Rp 13 ribu per kilogram (kg), dua pekan sekali. Dia menjualnya kepada pengecer Rp 15 ribu per kg.

Dia mengaku sudah menjual kolang-kaling selama 10 tahun. Untuk menjaga kualitas yang bagus, setiap hari pada pagi dan sore, air rendaman selalu diganti supaya tidak bau.

“Ini barang baru tiga hari, jadi masih bagus. Dan seminggu juga sudah habis. Soalnya kualitas bagus, kalau barang berbau tidak sedap, maka pembeli juga tidak mau beli,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...