Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Asyik, Pascadirenovasi, Alun-alun Purwodadi Masih Bisa Dipakai ‘Bal-balan’

 Kawasan alun-alun mulai dipenuhi tanah galian karena lokasi itu bakal ditinggikan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kawasan alun-alun mulai dipenuhi tanah galian karena lokasi itu bakal ditinggikan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Setelah proyek revitalisasi setelesai, kawasan Alun-alun Purwodadi nantinya masih bisa digunakan untuk aktivitas masyarakat seperti biasanya. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Cipta, Karya Tata Ruang dan Kebersihan (DCTK) Grobogan M Chanif.

“Setelah proyeknya selesai, fungsi alun-alun nanti akan dikembalikan seperti semula. Termasuk dipakai buat anak-anak bermain sepak bola pakai bola plastik, seperti biasanya,” katanya.

Selain itu, fungsi alun-alun juga masih dimungkinkan untuk menggelar pentas hiburan. Kemudian, kegiatan upacara juga nantinya bisa dilakukan di situ. Sebab, fungsi alun-alun selama ini memang sebagai sarana aktivitas publik.

Di samping itu, keberadaan PKL juga masih akan terlihat di situ pasca revitalisasi. Hanya saja, nantinya PKL akan ditempatkan dalam lokasi khusus yang ada di sisi timur alun-alun.

Chanif menjelaskan, proyek revitalisasi alun-alun itu disediakan anggaran senilai Rp 10,6 miliar. Sesuai kontrak, pelaksanaan proyek revitalisasi itu harus diselesaikan dalam waktu 160 hari kalender. Terhitung, sejak 16 Juli sampai 22 Desember mendatang.”Pelaksanaan proyek ini sudah berjalan sesuai rencana. Kita harapkan rekanan bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu,” katanya.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, aktvitas pekerjaan di kawasan alun-alun terlihat makin meningkat setelah pagar pengaman terpasang di sekeliling lokasi proyek yang dikerjakan rekanan asal Wonosobo itu. Selain pekerjanya makin banyak, kendaraan truk pengangkut tanah yang keluar masuk lokasi makin meningkat.

Saat ini, hampir semua lapangan sudah ditimbun tanah urug. Terlihat pula ada kendaraan berat jenis backhoe dan buldoser yang ada di lokasi proyek. “Lapangan lama nanti akan ditinggikan sekitar 40 cm. Demikian juga trotoar sekeliling alun-alun nanti juga ikut ditinggikan. Saat ini masih proses pengurukan dan perataan,” imbuh Kabid Cipta Karya Joni Sarjono.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...