Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Santri Miskin di Rembang Bakal Disasar Bantuan Pendidikan

Musthofa, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren pada Kementrian Agama Rembang. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Musthofa, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren pada Kementrian Agama Rembang. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Sebanyak 873 santri di Rembang yang berasal dari keluarga pra sejahtera bakal mendapatkan bantuan pendidikan dari pemerintah . Hal ini merupakan bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP).

Hal tersebut disampaikan Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren pada Kementrian Agama (Kemenag) Rembang Musthofa. “Bukan hanya siswa di sekolah formal saja yang mendapatkan bantuan pendidikan, tapi juga santri nantinya dapat bantuan pendidikan,” ujarnya.

Menurutnya, dari 873 yang bakal mendapatkan bantuan pendidikan itu, tersebar di 124 pondok pesantren yang ada di Rembang. Sebab, 124 pondok pesantren tersebut, kini sudah terdata di Kementerian Agama Pusat.

Katanya, bantuan yang diberikan itu, nominalnya berbeda-beda, karena menyesuaikan usia santri dan tingkatan mengaji. “Untuk bantuan itu, nantinya akan berbeda beda nominalnya. Yakni mulai dari usia 6 hingga 12 tahun atau tingkatan Ula setiap tahunnya per santri akan mendapatkan bantuan Rp 450 ribu. Usia 12 hingga 14 tahun atau tingkatan Wustho setiap tahunnya, per santri mendapatkan Rp 750 ribu. Sedangkan usia 15 hingga 17 tahun atau tingkatan Ulya, setiap tahunnya per santri bakal menerima Rp 1 juta,” paparnya.

Kemudian, terkait pendataan santri miskin tersebut, katanya pihak pondok pesantren hanya memerlukan surat keterangan miskin dari pengasuh pondok saja.”Persyaratannya hanya surat miskin dari pengasuh pondok saja. Berbeda dengan tahun 2015 silam, yang memang memerlukan surat miskin dari tempat tinggal asal dari santri tersebut,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...