Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemuda Desa Sempu Kunduran Blora Buat Sabun dari Endapan Air Jerami  

 

top cling
Stan pameran produksi Top Cling di GOR Mustika Blora.

 

MuriaNewsCom, Blora – Semakin hari, kebutuhan masyarakat untuk mencuci semakin meningkat. Hal itulah yang melahirkan ide kreatif warga Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, untuk memproduksi beraneka ragam sabun cuci.

Adalah Lilik Zubaidi, pemuda asal Desa Sempu yang merupakan penggagas usaha ini. Dia membuat jenis produk sabun cuci piring dan peralatan dapur, pembersih lantai, pengkilap bodi kendaraan, dan semir ban. Nama produknya Top Cling.

“Soal kualitas, kami berani menjamin jika produk (Top Cling) mampu bersaing dengan produk bermerek lainnya. Tidak hanya soal kualitas, soal harga pun bisa kami jamin lebih terjangkau,” kata Lilik saat kegiatan Gebyar Kreativitas Inovasi Masyarakat (Krenova) di GOR Mustika Blora.

Menurutnya, usaha yang sudah dirintis sejak beberapa bulan yang lalu itu telah menyerap tenaga kerja. Mereka merupakan warga desa setempat.

Dia berharap, pihaknya mampu memproduksi sabun lebih banyak. Selain itu adanya bantuan promosi dari Relawan Inspirasi RZ ICD Sempu, harapannya produk akan lebih dikenal.

Diketahui, produknya pernah meraih peringkat IV dalam ajang bergengsi tingkat Kabupaten di Gebyar Kreativitas Inovasi Masyarakat (Krenova) dan Teknologi Tepat Guna Tahun 2016.

Dalam permbuatannya, dia tidak hanya mengunakan bahan kimia, tapi juga mengunakan bahan dari endapan air jerami. Selama ini pula untuk pemasaran, sudah merambah ke beberapa wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sementara itu Kepala Desa Sempu, Suwarno mengapresiasi aktivitas inovasi pemberdayaan yang dilakukan oleh sekelompok pemuda desa itu. Terlebih warga membuat inovasi yang memang menjadi konsumsi sehari-hari.

“Produksi itu telah mengurangi pengangguran di desa,” kata Suwarno.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...