Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Disporabudpar Grobogan Bakal Usung Tari Gapit pada Parade Seni Jateng

 Tari Plinteng yang pernah dibawakan kontingen Grobogan pada Parade Seni Jateng Tahun 2015 (MuriaNewsCom)

Tari Plinteng yang pernah dibawakan kontingen Grobogan pada Parade Seni Jateng Tahun 2015 (MuriaNewsCom)

 

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Kontingan kesenian Grobogan kembali akan berpartisipasi dalam ajang Parade Seni Jawa Tengah yang bakal dilangsungkan 28 Agustus mendatang di Kabupaten Magelang. Kepastian ini ditegaskan Kepala Disporabudpar Grobogan Wiku Handoyo.

“Parade seni kali ini merupakan penyelenggaran kedua kalinya. Pada ajang pertama tahun lalu di Purwokerto, kita juga ikut ambil bagian,” kata Wiku didampingi Kabid Kebudayaan Marwoto.

Dijelaskan, dalam even kedua ini, pihaknya akan menampilkan suguhan Tari Gapit. Adapun latar belakang menggarap tarian ini didasari dari kelicahan para pembuat kue semprong khas Grobogan dengan menggunakan alat cetak yang dinamakan gapit atau capit.Jumlah kontingen kesenian Grobogan nantinya sebanyak 78 orang. Selain penari sebanyak 35 orang, ada pula pengiring, perias dan kru pendukung lainnya.

Mulai pekan depan, kontingen tersebut, khususnya penari sudah melakukan latihan. Untuk latihan awal dilangsungkan di SMPN 1 Wirosari karena sebagian besar penari berasal dari daerah sana. Beberapa hari sebelum berangkat ke Magelang, kontingen kesenian akan melakukan latihan akhir di halaman Setda Grobogan.

Menurutnya, even parade seni ini digelar dalam rangka HUT Jawa Tengah dan semua daerah wajib ikut serta. Dalam even nanti, setiap kontingen hanya diberi kesempatan tampil maksimal hanya tiga menit.

Wiku berharap, dalam parade seni di Magelang nanti bisa meraih prestasi yang lebih baik dari pelaksanaan sebelumnya. Di mana, pada waktu pentas di Purwokerto, kontingen Grobogan yang menyuguhkan tari plinteng atau ketapel berhasil jadi juara keempat.

 Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...