Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lulusan SMP di Jepara Pilih Sekolah di Luar Kota

Jpeg

MuriaNewsCom, Jepara – Selain banyak yang tidak melanjutkan sekolah. Siswa lulusan SMP di Kabupaten Jepara juga ternyata banyak yang memilih melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi di luar daerah.

Dari catatan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara, saat ini tercatat 777 siswa lulusan sederaja SMP di Kabupaten Jepara yang memilih melanjutkan sekolah ke daerah lain.

Hal itu seperti yang dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Ali Maftuh. Menurutnya,  ada banyak factor yang melatar belakangi banyaknya siswa lulusan SMP yang enggan melanjutkan sekolah di Kabupaten Jepara.

“Faktornya macam-macam kalau mereka memilih melanjutkan ke sekolah di luar daerah. Ada yang karena orang tua yang kerja di luar kota dan ada yang karena memang memilih sekolah yang mereka anggap lebih bagus dibanding di Jepara,” ungkapnya.

Sayangnya, lanjut Ali, sebagian besar siswa-siswa yang memilih melanjutkan sekolah ke luar daerah adalah siswa berprestasi. Itu yang kemudian menjadi kerugian tersendiri bagi Kabupaten Jepara.

“Kalau mereka memiliki prestasi di ajang nasional maupun internasional, yang dibawa pasti nama sekolahnya. Bukan nama kota asal dia. Itu yang menjadi kerugian tersendiri bagi Kabupaten Jepara karena banyak siswa berprestasi yang sekolah di luar daerah,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebaliknya hanya ada sedikit siswa dari luar daerah yang sekolah di Kabupaten Jepara. Rata-rata mereka adalah siswa yang tinggal di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Jepara, seperti Demak dan Pati.

“Kalau siswa luar daerah yang sekolah di Jepara setiap tahunnya rata-rata 200 anak. Yaitu anak-anak dari Kabupaten Demak yang tinggal di daerah perbatasan dengan Jepara,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...