Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Intelijen Dioptimalkan untuk Deteksi Wilayah Rawan Konflik di Pati

Anggota Bhabinkamtibmas dan Intelkam diberi pengarahan Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo untuk melakukan deteksi dini konflik sosial di Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)
Anggota Bhabinkamtibmas dan Intelkam diberi pengarahan Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo untuk melakukan deteksi dini konflik sosial di Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Jajaran Polres Pati saat ini memperketat keamanan dan mengoptimalkan fungsi intelijen untuk mengantisipasi konflik sosial. Hal itu untuk menciptakan situasi Kabupaten Pati yang kondusif.

“Ada banyak pemicu konflik sosial yang harus diantisipasi bersama. Misalnya, konflik sosial karena memperebutkan sumber daya pada semua bidang. Karena itu, fungsi intelijen akan kami optimalkan demi keamanan bersama,” ujar Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo, Jumat (5/8/2016).

Selain itu, penyebab konflik sosial disebut bisa berasal dari perbedaan kepentingan individu, perbedaan latar belakang, hingga perubahan nilai dan etnis. Karenanya, potensi konflik di setiap wilayah pada masing-masing kecamatan akan dipetakan secara rapi dengan menempatkan intel dan anggota Bhabinkamtibmas.

“Saya percayakan kepada anggota Bhabinkamtibmas dan anggota Intelkam untuk mendeteksi segala permasalahan di wilayahnya masing-masing. Saya harus tegaskan supaya anggota lebih percaya pada anggota intel sendiri ketimbang Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM),” tambah Wibowo.

Bahkan, informasi sekecil apapun akan dilaporkan kepada pimpinan bila memang berpotensi dapat mengganggu keamanan. Terlebih, bila persoalan tersebut bisa menyebabkan konflik sosial yang luas.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...