MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perpusda Kudus Tak Punya Pustakawan

543
perpus 2
Pengunjung perpustakaan Kudus hendak memilih buku. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 
MuriaNewsCom, Kudus – Hingga kini, Perpusda Kudus masih belum memiliki pustakawan. Kondisi sangat berpengaruh dengan kinerja perpustakaan serta kualitasnya.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kudus Nanang Usdiarto mengatakan, pihaknya tidak memiliki pustakawan. Padahal, petugas tersebut sangat dibutuhkan untuk mengontrol dan menjalankan.

“Meski hanya satu tidak ada, sedangkan idealnya kami memiliki tiga pustakawan, namun hingga sekarang belum juga terealisasi kapan,”katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, petugas selama ini bukanlah PNS. Sedangkan, untuk kepustakaan, dibutuhkan yang berstatus PNS. Dengan demikian, pihaknya berharap agar pemerintah pusat dapat membuka formasi untuk pustakawan.

Untuk mengembangkan perpustakaan, lanjutnya, dibutuhkan sejumlah pustakawan agar pengelolaannya lebih berkualitas. Diakui, selama ini pengelolaan perpustakaan Kudus diserahkan kepada pegawai yang bukan ahlinya.

Kebutuhan tenaga ahli jelas sangat diperlukan. Upaya pengembangan perpustakaan dengan sarana bangunan yang lebih memadai bisa maksimal. Kemudian golnya adalah bisa meningkatkan minat baca masyarakat Kudus dengan rajin datang ke perpustakaan.

“Apalagi, semua desa di Kabupaten Kudus sudah memiliki perpustakaan, sehingga perlu dukungan pengembangan agar lebih maju. Dan kami juga bertugas untuk membantu mengembangkannya,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.