Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Kekhawatiran Warga Terkait Proyek Revitalisasi Alun-alun Purwodadi

Meski ada proyek revitalisasi alun-alun, warga berharap keberadaan pohon raksasa tetap dilestarikan (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Meski ada proyek revitalisasi alun-alun, warga berharap keberadaan pohon raksasa tetap dilestarikan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Pelaksanaan proyek revitalisasi Alun-alun Purwodadi ternyata tidak hanya dinantikan warga saja. Sebagian pihak lainnya ternyata ada yang khawatir dengan adanya proyek revitalisasi senilai Rp 10,6 miliar itu.

Kekhawatiran ini terkait dengan keberadaan sejumlah pohon trembesi berukuran sangat besar yang ada di kawasan alun-alun. Sejumlah pihak ini khawatir jika pohon yang sudah berusia lebih seabad itu ikut ditebang.

“Soal proyek perbaikan alun-alun memang saya setuju dilakukan. Soalnya, kondisinya memang sudah banyak yang rusak. Tetapi, keberadaan pohon itu yang belum dapat kejelasan,” kata Supar, warga yang tinggal di sekitar alun-alun.

Dia berharap agar keberadaan pohon itu perlu dilestarikan. Sebab, keberadaan pohon sebesar itu di kawasan kota sudah sangat sulit dijumpai. Selain itu, pohon raksasa tersebut sudah jadi ikon tersendiri di kawasan alun-alun.

“Banyak yang punya kenangan dengan adanya pohon raksasa itu. Dulu, di atas pohon itu sempat ada rumah-rumahannya dan saya sering tiduran di atas. Tetapi, rumah-rumahan dari kayu itu sudah hilang lantaran rusak terkena angin dan sampai sekarang tidak dibikin lagi,” cetus Setiadi, warga lainnya.

Sementara itu, Kabid Cipta Karya Joni Sarjono ketika dimintai tanggapannya memahami kekhawatiran warga soal keberadaan pohon besar tersebut. Sebab, pohon itu termasuk langka lantaran usianya diperkirakan sudah lebih dari 100 tahun.

Dijelaskan, dalam grand desain yang sudah dibuat, keberadaan pohon besar yang letaknya di tengah trotoar itu akan tetap dipertahankan. Namun, beberapa pohon peneduh lainnya yang berukuran lebih kecil dan ada di pinggir lapangan akan ditebang. “Pohon yang ukurannya besar ini ada enam jumlahnya. Semuanya akan tetap dipertahankan,” katanya.

 Editor : Kholistiono

Comments
Loading...