Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ribuan Santri Madrasah Qudsiyyah Kudus Nulis Alquran 30 Juz

qudsiyah
Santri Madrasah Qudsiyyah mengikuti lomba Nulis Alquran. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus –  Sekitar 1000 santri Madrasah Qudsiyyah Kudus melakukan aksi menulis Alquran 30 Juz. Para santri, melakukan aksi menulis Alquran, Selasa (2/8/2016) pada kegiatan 100 tahun Qudsiyah.

Seribu siswa yang menulis, hanya mereka yang duduk di bangku MTs dan MA saja. Sedangkan untuk yang masih di bangku MI, belum diikutkan menulis Alquran.

Abdul Halil, panitia kegiatan mengungkapkan kalau pihaknya ingin para santri berbuat aktif, bukan pasif. Sehingga cara yang dipilih bukanlah membaca, melainkan menulis.

“Kalau membaca sudah umum, dan itu juga pasif. Untuk itulah dilakukan kegiatan menulis, agar siswa menjadi aktif. Sebab kita lakukan tindakan,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, seribu santri tersebut menulis lafal Alquran secara serentak. Langkah itu, dipertegas dengan cara mempertegas bahwa santi bisa mandiri.

Karya para santri itu, kata dia, akan menjadi milik madrasah dan menjadi kado bagi madrasah yang berusia 100 tahun. Mushaf tersebut, akan disimpan pihak yayasan.

“Langkah itu, juga sebagai langkah deklarasi santri mandiri. Sebab, kalau yang hanya bicara berupa deklarasi sudah banyak. Yang sedikit itu yang melakukan,” ungkapnya di lokasi Jalan KHR Asnawi.

Dalam menulis, para santri memiliki khas, yaitu menggunakan ikat kepala dan mengenakan baju putih serta memakai sarung.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...