Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Yang Perlu Kamu Tahu Kenapa Rumah Warga Rembang Mirip Gaya Jawa Timuran

 Rumah warga Rembang yang gayanya hampir mirip dengan gaya rumah di Jawa Timur (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Rumah warga Rembang yang gayanya hampir mirip dengan gaya rumah di Jawa Timur (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Rumah warga Rembang, khususnya yang berada di bagian pesisir terlihat jelas, gayanya hampir mirip dengan gaya rumah di Jawa Timur. Hal itu terlihat dari bagian atap yang agak rendah dibandingkan joglo khas Jawa Tengah, yang lebih tinggi.

Masyarakat Sejarawan Indonesia Kabupaten Rembang Edi Winarno mengutarakan, bentuk rumah joglo warga Rembang itu berbeda dengan rumah warga Jawa Tengah lainnya.”Rembang ini, secara geografisnya sangat dekat dengan Jawa Timur, karena memang perbatasan. Di samping itu, Rembang juga merupakan daerah pesisir seperti halnya Jawa Timur,” ujarnya.

Ia katakan, untuk tinggi joglo rumah khas Jawa Tengah berkisar 5 hingga 6 meter. Sedangkan di Rembang hanya mempunyai tinggi 3 meter. “Bila kita analisa dengan saksama, mengapa joglo Rembang lebih rendah, sebab, Rembang itu pesisir. Angin di daerah pesisir itu sangat kencang. Sehingga joglo rumahnya juga dibuat agak rendah. Dikhawatirkam, saat ada angin yang bertiup kencang, maka akan bisa membayahayakan penghuni rumah,” katanya.

Tidak hanya di Rembang,  di wiyalah Pati bagian pesisir terlebih bagian timur juga mempunyai bangunan yang sama dengan Rembang. Selain menyesuaikan keadaam alam, Rembang juga sangat dekat sekali dengan daerah Jawa Timur. “Rumah di Rembang, juga ada sedikit kultur Cina. Yakni bentuk wuwungan (samping joglo) juga tidak terlalu tinggi. Namun wuwungan itu berbentuk datar menjorok ke bawah,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...