Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Calon Jamaah Haji Kudus Disuntik Vaksin Meningitis

miningitis
Petugas melakukan penyuntingan vaksin meningitis di Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus –Seluruh calon jamaah haji, diberikan vaksin meningitis mulai hari ini, Selasa (2/8/2016). Pelaksanaan pemberian vaksin, dilakukan di semua kecamatan se-Kudus.

Petugas pemberi vaksin, Dokter Widiatmoko mengungkapkan, untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan, maka para jamaah diberikan vaksin meningitis.

“Dapat meningkatkan kekebalan tubuh, jadi dapat mencegah adanya penularan penularan virus. Apalagi ini seluruh dunia. Namun sifatnya berjaga-jaga,” katanya kepada MuriaNewsCom saat pemberian vaksin di Puskesmas Kota.

Menurutnya, sebanyak 19 puskesmas mulai Selasa, 2 Agustus  2016, petugas memberikan vaksin meningitis kepada para calon jamaah haji. Yaitu berupa suntik.

“Harus berani, toh ini juga tidak sakit. Jarumnya juga kecil, jadi tidak begitu terasa. Sehingga jika ada calon yang takut, kami yakinkan dulu,” ujarnya.

Pemberian vaksin ini ada dua jenis, yakni vaksin meningitis dan influenza. Kalau meningitis ini wajib, tetapi kalau influenza tidak diwajibkan, hanya disarankan saja. Karena untuk menjaga daya tahan tubuh calon jamaah haji saat menjalankan ibadah.

Menurut dia, ketika tidak menerima vaksin, dikhawatirkan saat melakukan ibadah haji akan tertular penyakit dan mewabah di Indonesia. Hal ini cukup membahayakan bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu antisipasinya dengan pemberian vaksin.

Dia menambahkan, untuk vaksin meningitis ini ketahanannya sampai dua tahun. Sementara untuk vaksin influenza ini, Kamal, panggilan akrabnya, menyarankan bagi calon jamaah haji terutama yang menderita penyakit asma.

Menurutnya, pemberian vaksin dilakukannya selama dua hari, yakni mulai hari ini dan besok. Hanya untuk jadwalnya diatur oleh DKK.

“Seperti di puskesmas Wergu, Kota, ada 48 calon jamaah yang divaksin. Jadi cukup satu hari saja,” ungkapnya.

Pada tahun ini, jamaah asal Kudus Sejumlah 903. Yang seharusnya ada 905, namun ada dua jamaah yang meninggal.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...