Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Museum Kartini Jepara Akan Direnovasi

269
museum
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi saat menandatangani kesepakatan renovasi museum Kartini dengan pihak-pihak terkait. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Museum Kartini Jepara akan dirombak atau direnovasi mulai 17 Agustus 2016 mendatang, tepat pada perayaan hari kemerdekaan RI.

Itu mengemuka setelah ada pendatanganan kesepakatan itu antara Pemkab Jepara dengan pihak ketiga yang bersedia melakukan perombakan atau renovasi museum tersebut.

“Rencananya, petugas akan mulai melakukan pekerjaan renovasi museum RA Kartini setelah upacara Kemerdekaan RI, dengan pembukaan seremonial secara sederhana,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Mulyaji, Senin (1/8/2016)

Menurutnya, Museum Kartini merupakan salah satu ikon Jepara yang harus dijaga, dan dirawat peninggalannya yang ada di dalamnya, sehingga nantinya museum akan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Jepara.

“Meskipun museum itu diwacanakan menjadi ranah pendidikan. Tetapi secara unsur pariwisata menjadi destinasi wisata tersendiri. Ada unsur penting yang mempu menjadi magnet wisatawan,” ungkapnya.

General Manager PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B Ari Basuki mengatakan bahwa pihaknya yang turut terlibat dalam renovasi museum kartini akan selalu melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten dalam proses pembangunan museum agar berjalan lancar sesuai dengan rencana.

“Untuk renovasi pembangunan museum R.A Kartini akan dibangun melalui tiga tahap dengan total biaya ditaksir sebesar Rp. 1,7 miliar yang ditanggung bersama oleh pihak kedua dan pihak ketiga,” kata Ari.

Sementara itu, Direktur PT CJP PLTU Tanjung Jati B Kenji Koike sebagai Wakil dari Presiden Direktur PT CJP di Jakarta mengatakan untuk CJP sangat mengapresiasi apa yang dilakukan antara pemerintah daerah Kabupaten Jepara dengan PLTU untuk merenovasi museum R.A Kartini. Agar nantinya nampak indah sebagai daya tarik wisatawan ke Jepara.

“Kami akan membantu jika berhubungan dengan masyarakat. Itu sesuai dengan anjuran kantor CJP yang ada di Tokyo Jepang,” katanya.

 

Editor : Akrom Hazami

 

 

 

 

 

Ruangan komen telah ditutup.