Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Juara Didominasi PTN pada Pelaksanaan Peksimida 2016

332
Rektor UMK foto bersama peserta yang meraih juara pada lomba tankai puisi (Istimewa)
Rektor UMK foto bersama peserta yang meraih juara pada lomba tankai puisi (Istimewa)

MuriaNewsCom, Kudus – Peserta dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih terlihat mendominasi raihan prestasi dalam Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Daerah (Peksimida) 2016. Itu nampak pula dalam dalam tangkai lomba baca puisi dan penulisan karya sastra yang digelar di Universitas Muria Kudus (UMK).

Dalam berbagai lomba baca puisi putra, juara I diraih M. Arbi (Unnes), disusul Afif Fakhrudin (STMIK YMI Tegal) sebagai juara II dan juara III disabet Trisna Afriadi Muhammad (Undip). Sedanga baca puisi putri, juara I digondol Arsy Novitasari (Undip), juara II Nifrinas Yulistin Rizky (Unsoed) dan juara III diraih Diaz Muslima Qoirunisa (UNS).

Untuk lomba penulisan puisi, keluar sebagai juara I Farikhatul Ubudiyah (IAIN Purwokerto), juara II Yuliani (Undip), sedang juara III Asa Wajada Rezky Abd. (Unsoed). Untuk penulisan Cerpen, tampil sebagai juara I Bunga Hening Maulidina (UNS), juara II Revita Tri Sulastri (Udinus), dan juara III Hajar Intan Pertiwi (Politeknik Harapan Bersama).

Hanya dalam lomba penulisan lakon, kata Ketua Panitia Peksimida 2016 di UMK Hendy Hendro HS, yang tidak didominasi PTN. ”Untuk lomba penulisan lakon, sebagai juara I Alin Ambarwati (UPS Tegal), juara II Neneng Maisaroh (Politeknik Harapan Bersama), dan diraih juara III Pristi Agung Kurniawan (Unissula),” ujarnya.

Kendati belum ada wakil UMK yang berhasil mengukir prestasi di Peksimida ini, namun Hendy cukup berbangga hati, karena Peksimida di kampusnya  berjalan dengan lancar dan sukses. ‘’Ini berkat kekompakan segenap panitia,’’ ungkapnya.

Selain itu, obyektivitas dalam penyelenggaraan lomba begitu ditekankan dalam penyelenggaraan di UMK. ‘’Obyektivitas itu dengan tidak memasukkan satu dosen sebagai juri dalam berbagai lomba yang digelar,’’ tuturnya.

Sementara itu, Rektor UMK Suparnyo, berharap, agar para mahasiswanya bisa becermin dari Peksimida 2016, yang antara lain diselenggarakan di perguruan tinggi yang dipimpinnya untuk meningkatkan prestasi.

‘’Pengalaman menjadi penyelenggara Peksimida ini, semoga bisa memotivasi mahasiswa untuk bersaing dan mengukir prestasi  dalam berbagai tangkai yang dilombakan. Dan juga bidang-bidang lain di luar Peksimida, prestasi juga mesti dipacu,’’ ungkapnya.

Editor : Kholistiono

 

Ruangan komen telah ditutup.