Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Muhlisudin Pasrah Tunggu Hingga 21 Tahun untuk Bisa Tunaikan Ibadah Haji

193
 Muhlisudin (39) Warga Karas, Sedan, Rembang saat mendaftar haji di Kemenag Rembang, Senin (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Muhlisudin (39) Warga Karas, Sedan, Rembang saat mendaftar haji di Kemenag Rembang, Senin (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Calon jemaah haji (calhaj) harus rela untuk menunggu waktu yang cukup lama untuk bisa menunaikan ibadah haji. Jika tahun ini mendaftar, calhaj baru bisa berangkat haji pada tahun 2037 mendatang. Artinya, calhaj harus bersabar hingga 21 tahun.

Salah seorang calon jemaah haji Muhlisudin (39) warga Desa Karas, Kecamatan Sedan, Rembang, mengatakan, mengingat lama antrian atau daftar tunggu haji hingga lebih 20 tahun, dirinya hanya bisa pasrah. Sebab, hal tersebut sudah ketentuan dari pemerintah.

“Saya mendaftar haji tahun ini bersama istri saya, dan jadwalnya, baru bisa berangkat 2037 nanti. Misalkan saja usia saya ini 39 tahun, maka bila berangkat haji tahun 2037, maka saat itu usia saya sudah sekitar 61 tahun. Mudah-mudahan terlaksana,” katanya.

Sementara itu, saat disinggung mengenai biaya haji, dirinya saat ini sudah membayar di salah satu bank yang ada di Rembang. “Saya tadi sudah membayar sebanyak Rp 51 juta untuk dua orang di salah satu bank di Rembang. Dengan waktu tunggu yang cukup lama itu, kita juga sembari mengumpulkan rezeki dan kebutuhan yang lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Endang (47) istri dari Muhlisudin mengatakan, meski masih lama, dirinya sudah mempersiapkan sejak kini, terutama dengan mengutamakan hidup sehat.”Yang penting bagi saya, daftar saja dulu. Masalah waktu itu biar Allah yang mengatur. Dan kita harus berihtiar dengan cara jaga kesehatan, makan secara teratur dan sebagainya,” ungakapnya.

Editor : Kholistiono

 

Ruangan komen telah ditutup.