Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Menikmati Segarnya Legen Asli Rembang

Salah satu pedagang sedang menjajakan buah siwalan dan legen (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Salah satu pedagang sedang menjajakan buah siwalan dan legen (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Minuman dan buah yang satu ini cukup sering ditemui ketika Ramadan, karena memang sangat segar ketika dinikmati saat berbuka. Meski di luar bulan tersebut cukup sulit untuk menemukan minuman khas ini, namun jangan khawatir, di Rembang Anda akan cukup mudah untuk mendapatkannya.

Ketika melintas di Jalan Rembang-Blora, Anda akan menemukan buah dan minuman khas ini, yaitu siwalan dan legen. Puluhan pedagang terlihat menjajakan siwalan dan legen di sepanjang jalan ini.

Salah seorang pedagang Siwalan Martini (50) dari Desa Pranti, Sulang menuturkan, meskipun Rembang terkenal dengan pesisir, namun kota ini juga mempunyai hasil perkebunan yang cukup terkenal, yaitu buah siwalan.“Kombinasi buah siwalan dengan campuran legen dijamin sanggup memberi kesegaran luar biasa. Tidak percaya, silahkan dicoba,” katanya.

Dia melanjutkan, selain sebagai oleh-oleh di saat perjalanan jauh, buah siwalan maupun air legen ini juga bisa dinikmati di tempat. Untuk bisa menikmati segarnya legen dan buah siwalan ini, tak perlu khawatir merogoh kocek banyak. Karena, untuk satu bungkus siwalan yang berisi 10 buah siwalan, hanya dihargai Rp 10 ribu. Sedangkan untuk air legen hanya dihargai Rp 5 ribu per botolnya.

“Harganya sendiri Rp 10 ribu untuk satu bungkus siwalan, dan untuk legennya hanya Rp 5 ribu per botolnya. Selain itu, kita juga menjual air legen untuk bisa diminum di sini. Yakni untuk satu gelasnya dengan dicampur es batu hanya Rp 2 ribu,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk hasil bumi siwalan dan legen ini memang rata rata yang berada di wilayah Rembang bagian selatan atau pegunungan.”Buah dan minuman ini bisa sebagai penghilang dahaga saat perjalanan jauh,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...