Jumat, 29 Maret 2024

4 Taruna Akmil Ini Mendadak Bikin Heboh Siswa Smansa Purwodadi

Dani Agus
Sabtu, 30 Juli 2016 17:19:41
Empat Taruna Akmil Magelang saat menyampaikan sosialisasi pada siswa Smansa Purwodadi (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Murianews, Grobogan - Tidak seperti biasanya, ruang kelas XII/MIPA-1, SMAN 1 (Smansa) Purwodadi, mendadak jadi ramai pada Sabtu (30/7/2016). Hal ini menyusul adanya empat Taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang yang mendadak masuk ke situ.

Kedatangan para Taruna Akmil itu, dalam rangka memberikan beragam sosialisasi kepada pelajar Smansa mengenai berbagai hal. Antara lain, mereka diminta untuk rajin belajar, aktif dalam organisasi sekolah serta menghindari perilaku negatif.

Para taruna juga memberikan gambaran mengenai keberadaan Akmil dan bagaimana caranya untuk bisa masuk ke lembaga pendidikan di bawah naungan TNI Angkatan Darat tersebut. Para taruna secara bergantian juga menjelaskan berbagai hal yang perlu dipersiapkan jika ingin mendaftar ke Akmil.

“Banyak yang harus dipersiapkan, karena proses seleksi dilakukan sangat ketat. Mulai nilai yang bagus, fisik, mental, niat dan restu orang tua. Jika ada Adik-adik yang mau masuk Akmil, maka persiapkan mulai sekarang mumpung masih ada waktu,”  kata Satria Kukuh Eritama, salah satu taruna.

Para siswa Smansa terlihat cukup senang dengan hadirnya para taruna. Hal ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan para siswa. Baik, soal tata cara seleksi, persyaratan hingga pengalaman para taruna selama menempuh pendidikan.

Tiga dari empat taruna tersebut ternyata cukup familiar dengan siswa Smansa. Ternyata ketiganya merupakan alumni SMA negeri satu-satunya di Kecamatan Purwodadi tersebut.

Ketiga taruna ini masing-masing, Satria Kukuh Eritama dan Erzan Faturahman, keduanya alumni Smansa tahun 2013. Kemudian, Wahyu Tri Atmojo alumni Smansa 2014.

Satria yang berasal dari Kampung Majenang, Kelurahan Purwodadi saat ini merupakan taruna tingkat III. Kemudian, Wahyu asal Desa Wandankemiri, Kecamatan Klambu juga taruna tingkat III. Sementara Erzan yang berasal dari Kampung Kauman, Kelurahan Purwodadi merupakan taruna tingkat II.

Satu taruna lagi yang ikut menyampaikan sosialisasi adalah Arif Subekti yang berasal dari Kampung Kuripan, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi. Arif yang sekarang jadi taruna tingkat II merupakan alumni SMAN 1 Grobogan.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Purwodadi Amin Hidayat mengaku bangga dengan keberhasilan anak didiknya masuk Akmil. Menurutnya, selama ini, para alumni Smansa yang masuk Akmil memang sering berkunjung ke sekolah untuk menjalin silaturahmi dan memberi motivasi adik-adiknya.

“Saya senang dengan kehadiran para taruna yang bersedia meluangkan waktu untuk berkunjung ke sini. Semoga hal ini bisa memicu semangat adik-adiknya untuk meraih prestasi,” katanya.

Editor : Kholistiono

Baca Juga

Komentar