Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perbaikan Pengairan di Kabupaten Jepara Telan Rp 49,7 Miliar

Alat berat akan melakukan pengerukan di salah satu titik saluran di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)
Alat berat yang disiapkan untuk melakukan pengerukan di salah satu titik saluran di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara –  Bidang pengairan yang ada di Dinas Bina Marga Pengairan ESDM Kabupaten Jepara, tahun ini mendapatkan alokasi anggaran sekitar Rp 49,7 miliar. Anggaran tersebut mayoritas digunakan untuk perbaikan, terutama saluran irigasi.

Kabid Pengarian pada Dinas Bina Marga, Pengairan dan ESDM Jepara, Sahli mengatakan, anggaran tersebut dialokasikan untuk 125 proyek atau kegiatan. Proyek tersebut digelar merata di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Jepara.

“Lokasinya hampir merata di setiap kecamatan di Jepara. Termasuk juga di sungai kawasan kota seperti kali kanal yang saat ini mulai diperbaiki karena aliran sungai yang tidak merata dan tertata,” ujar Sahli kepada MuriaNewsCom, Sabtu (30/7/2016).

Di antara proyek yang dilaksanakan adalah pengerukan lumpur sungai karena dangkal, perapian alur, dan pembangunan kembali beton yang sudah rusak. Selain itu, ada juga perbaikan bendung.

”Untuk perapian lebih hemat karena kami menggunakan klinik. Hanya butuh pengoprasian alat karena alatnya memang sudah ada,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk perapian atau pembersihan kali sebagian menggunakan dana klinik. Anggaran khusus untuk klinik hanya sebesar Rp 300 juta untuk tahun ini.

Karena keterbatasan anggaran tersebut, tak semua saluran irigasi bisa diperbaiki dengan klinik. ”Untuk klinik kami priotitaskan yang sekiranya perlu perbaikan mendesak,” katanya.

Dia menambahkan, sejumlah saluran irigasi di Jepara mengalami pendangkalan. Jika tak dikeruk dikawatirkan merusak saluran air. Khususnya pada musim hujan. Sebagian proyek sudah dilakukan sejak beberapa waktu yang lalu.

Seperti di sungai Sowan Lor, Sowan Kidul, Jondang dan Surodadi,Kedung. Termasuk pengerukan di kali kanal. Sementara sebagian yang lain masih proses lelang.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...