Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Waspadai Titik Rawan Kemacetan di Grobogan

Kemacetan panjang terjadi di ruas jalan Purwodadi-Solo akibat adanya proyek perbaikan jalan (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Kemacetan panjang terjadi di ruas jalan Purwodadi-Solo akibat adanya proyek perbaikan jalan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Perhatian bagi pengguna jalan yang melintasi wilayah Grobogan, khususnya menuju Solo dan Blora. Sebab, di ruas jalur tersebut ada beberapa titik kemacetan akibat adanya proyek perbaikan jalan milik Provinsi Jawa Tengah.

Adanya titik macet itu disebabkan arus lalu lintas harus dilakukan bergantian dari kedua arah. Karena jalur tersebut ramai kendaraan, terkadang pengendara kendaraan roda empat atau lebih bisa terjebak macet sampai 2 jam lamanya. “Hari ini tadi saya kejebak macet di Kecamatan Toroh lama sekali. Macetnya parah banget sampai beberapa kilometer,” kata Juliyanto, warga Purwodadi yang baru datang dari Solo.

Beberapa warga menyatakan, kemacetan itu terjadi sejak beberapa hari lalu. Tepatnya, saat proyek perbaikan jalan kembali dilanjutkan setelah berhenti selama momen Lebaran lalu. “Proyek perbaikan jalan ini memang menimbulkan dampak bagi pengguna jalan, yakni adanya kemacetan. Sebab, kendaraan dari kedua arah harus jalan bergantian. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata Kepala Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Provinsi Jateng Wilayah Purwodadi Ali Huda.

Menurutnya, perbaikan jalan milik Provinsi Jawa Tengah yang berada di wilayah Grobogan sudah dimulai per 17 Februari lalu. Saat Lebaran lalu, semua proyek dihentikan dan baru dilanjutkan beberapa hari lalu. Sampai saat ini, progres perbaikan jalan sudah mencapai 85 persen. Sesuai kontrak, perbaikan jalan  akan selesai pertengahan Oktober mendatang.

Ali menjelaskan, untuk tahun 2016 ini, ada perbaikan jalan di wilayah Grobogan dengan sistem rigid beton sepanjang 24,4 km yang terbagi dalam 7 paket. Yakni, ruas jalan Geyer-Purwodadi sepanjang 4 km, Purwodadi-Wirosari 3 km, Wirosari-Kunduran 4 km, Wirosari-Sulur 8 km, Kuwu-Galeh 3 km, Jalan A Yani Purwodadi 1,2 km dan Grobogan-batas Pati 1,1 km. Alokasi dana untuk perbaikan jalan ini sekitar Rp 150 miliar.

Ditambahkan, panjang jalan provinsi di Grobogan yang masuk kewenangan BPT Bina Marga Jateng Wilayah Purwodadi sekitar 152 km. Sejak beberapa tahun lalu hingga akhir 2016 nanti, ruas jalan yang selesai diperbaiki panjangnya mencapai 113 km. Sedangkan, sisanya sekitar 39 km akan dituntaskan pada tahun 2017.

 Editor : Kholistiono

Comments
Loading...