Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Catat! Pedagang Pasar Pengkol Jepara Bakal Ditempatkan di Lokasi Lama

Desain Pasar Pengkol dipasang di dinding penutup proyek di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)
Desain Pasar Pengkol dipasang di dinding penutup proyek di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Pengelolaan Pasar berjanji akan menempatkan pedagang pasar Pengkol sesuai lokasi tempat jualan mereka sebelum direnovasi.

Untuk itu, para pedagang diimbau tidak perlu khawatir akan ditempatkan ke lokasi yang tidak sesuai dengan lokasi lama.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Pengelolaan Pasar, Dwi Riyanto mengatakan, meski pembangunan dan sumber dana bukan dari instansinya. Untuk pengelolaan pasar masih tetap bakal menjadi wewenang dan tanggung jawab instansinya.

“Nanti kami yang mengelola. Kami pastikan pedagang lama tetap bakal ditempatkan di lokasi lama. Ya akan kembali ke tempat yang sesuai dengan posisi sebelumnya,” ujar Dwi kepada MuriaNewsCom, Jumat (29/7/2016).

Pihaknya saat ini tengah menginventarisasi jumlah pedagang yang ada di Pasar Pengkol. Untuk sementara, data yang dia miliki, pedagang di pasar tersebut hanya ada sekitar 36 saja. Itu sesuai dengan skema kios utama yang saat ini mulai dibangun oleh Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Jepara.

“Data sementara hanya ada 36 saja. Itu termasuk yang jualan ikan di bagian belakang. Mereka ada tiga pedagang yang jualan di los pasar,” katanya.

Dia mengungkapkan, rencananya pasar Pengkol yang tengah dibangun tersebut bakal menjadi pasar percontohan di Kabupaten Jepara. Percontohan yang dimaksud adalah pasar yang memiliki keunggulan yakni bersih, nyaman dan aman.

“Peran semua pedagang untuk mewujudkan pasar percontohan sangat penting, melalui paguyuban pedagang. Kami harapkan turut membantu dan mewujudkannya,” terangnya.

Diamenambahkan, saat ini proses pembangunan tengah berjalan. Para pedagang yang sebelumnya diimbau untuk sementara pindah di pasar Jepara Satu tidak bersedia. Mereka lebih memilih membuka lapak di lahan-lahan yang ada di sekitar pasar yang tengah dibangun.

Editor : Akrom Hazami

 

 

 

Comments
Loading...