Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PKL di Alun-alun Purwodadi Sepakat Direlokasi

 

Para PKL alun-alun dan warga sekitar mengikuti acara sosialisai soal relokasi sementara (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Para PKL alun-alun dan warga sekitar mengikuti acara sosialisai soal relokasi sementara (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Para pedagang kaki lima (PKL) yang selama ini berjualan di kawasan Alun-alun Purwodadi mendukung langkah Pemkab Grobogan untuk merelokasi mereka ke tempat sementara. Hal itu terungkap dalam acara sosialisasi relokasi sementara PKL yang dilangsungkan di Aula Kantor Dinas Cipta, Karya Tata Ruang dan Kebersihan (DCTK) Grobogan, Kamis (28/7/2017).

“Seperti kita tahu, dalam waktu dekat, kawasan alun-alun akan direhab. Maka kami juga manut saja ketika diminta pindah sementara ke lokasi baru. Yakni, di pinggir jalan depan Pegadaian hingga depan SDN 4 Purwodadi. Jumlah PKL keseluruhan yang terdata ada 54 orang,” kata Ketua Paguyuban PKL Alun-alun Purwodadi Nur Wakhid.

Selain paguyuban dan para PKL, acara sosialisasi juga dihadiri perwakilan warga yang ada di sekitar kawasan alun-alun. Kemudian, hadir pula dari Satpol PP, Polsek Purwodadi, Dishubkominfo, Pegadaian, Kelurahan Purwodadi, dan Diperindagtamben.

Dalam acara tersebut, perwakilan warga juga menyatakan tidak keberatan adanya relokasi di situ. Hanya saja, para PKL diminta untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan. Satu hal lagi, para PKL juga diminta untuk berjualan setelah jam kantor selesai. Mereka diminta untuk membongkar tenda jika sudah selesai jualan.

“Kami tidak masalah jika relokasi dilakukan di depan kantor, karena ini sifatnya hanya sementara. Hanya saja, kami minta PKL selalu menjaga kebersihan,” kata Pimpinan Cabang Pegadaian Purwodadi Amran yang ikut dalam sosialisasi tersebut.

Kabid Cipta Karya Joni Sarjono yang memimpin sosialisasi tersebut mengungkapkan, jalan yang dipakai relokasi nantinya akan dikapling jadi 54 unit. Hal itu disesuaikan dengan banyaknya PKL yang sudah terdata. Masing-masing kapling berukuran 3,5 x 4 meter.

“Denah lokasi relokasi sudah kita siapkan. Besok, rencananya kita lakukan pengukuran dan pengaplingan di lapangan. Untuk teknis pembagiannya nanti dilotre dan itu kita serahkan pada paguyuban PKL,” jelas Joni.

Menurut Joni, dipilihnya tempat relokasi disitu sudah melalui banyak pertimbangan. Dari sekian lokasi hanya disitulah yang dinilai memenuhi persyaratan.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...